Evaluasi Program Klub Belajar Matematika di SMP Negeri 2 Sumber

Ratu Irena RD(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan ekstrakulikuler berupa klub belajar matematika telah berlangsung kurang lebih selama empat tahun di SMP Negeri 2 Sumber. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program klub belajar matematika atau ekstrakulikuler matematika karena belum diketahui keberhasilan dari program tersebut. Evaluasi ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang terdiri dari empat aspek yaitu context, input, process, dan produk. Subjek penelitian ini yaitu pembimbing klub belajar matematika dan siswa klub belajar matematika. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengukuran, wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program klub belajar matematika di SMP Negeri 2 Sumber telah berjalan dengan baik, dalam melayani minat dan bakat siswa dalam bidang akademik matematika. Aspek konteks yang meliputi tujuan, misi, dan sasaran dikategorikan baik, karena dapat mengembangkan potensi, bakat, dan minat yang dimiliki oleh siswa serta dapat memberikan kontribusi dalam Olympiade Sains Nasional. Aspek input dikategorikan baik, karena kompetensi pembimbing program, kesiapan belajar siswa program, serta ketersediaan dan kelayakan sarana program sangat mendukung keberhasilan program. Aspek proses meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dikategorikan baik, hal ini dilihat dari keaktifan siswa, interaksi siswa dengan pembimbing, dan penerapan metode yang tepat oleh pembimbing program, serta pembimbing selalu merencanakan pembelajaran dengan baik dan mengadakan evaluasi dengan baik. Aspek produk yang meliputi hasil belajar siswa program dikategorikan baik, karena siswa mendapatkan hasil di atas batas ketuntasan maksimal dan banyak mengikuti lomba serta beberapa mendapatkan juara.

Keywords


Evaluasi program; klub belajar; matematika; CIPP

Full Text:

PDF

References


Akbar, R. O., & Cuyatno. (2012). Pengaruh Motivasi Bimbingan Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Program Linier (Di Kelas XII IPA SMA Negeri 5 Cirebon). EduMa, 1(1), 14-29.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakulikuler. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Megasari, R. (2014). Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1).

Mulyasa, H. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistyaningsih, D., & Joko, I. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan CD Pembelajaran Materi Eksponen Kelas X. Semarang: LPPM Universitas Muhammadiyah.

Toheri, & Herlina, Y. (2014). Perbandingan Penggunaan Asesmen Kinerja (Performanced) Dan Asesmen Penugasan Terhadap Kemampuan Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut Kelas VII MTs. Negeri Cirebon II. EduMa, 3(2), 149-162.


Article Metrics

Abstract view : 60 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.