PENGGUNAAN DIAGONALISASI MATRIKS DALAM PEWARISAN GENETIK

Siti Zumrotul Faridah(1*), Muhamad Ali Misri(2), Yuyun Maryuningsih(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pewarisan sifat dari perkawinan orang kembar menarik untuk dikaji bagaimana peluang keturunan yang didapatkan sampai generasi ke n. pertanyaan yang timbul dari keturunan kembar adalah apakah ada persamaan matematis yang menjelaskan bagaimana pewarisan sifat kembar ini diturunkan. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan pendekatan model matematik untuk menentukan persamaan matematis dari keturan kembar yang didapatkan dari duapuluh sampel kembar. Instrumen penelitian berupa angket, wawancara dan observasi. Penyelidikian pewarisan genetik dari kembar, dapat diterapkan konsep diagonalisasi matriks dengan bentuk persamaan . Untuk menentukan formula dalam pewarisan genetik pada generasi ke-n menggunakan persamaan  untuk masing-masing persilangan dimana n menuju tak hingga.

Full Text:

PDF

References


Agustini. (2016). Implementasi Diaoganisasi Matriks Untuk Menyelididki Pewarisan Autosomal generasi Ke-n. Makasar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.

Anton, H. (1997). Aljabar Linear Elementer Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Howard Anton, d. R. (2004). Aljabar Linear Elementer Versi Aplikasi edisi Kedelapan/ Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Ismiah, N. (2009). Aplikasi Diagonalisasi matriks untuk Menyelidiki Pewarisan pada Genotip generasi ke-n. Malang: Universitas Islam Negri (UIN) Malang.

Kaffah, M. S. (2015). Analisis Diagonalisasi Matriks untk Menentukan Individu ke-n Berdasarkan Peluang Genotif Induk. Biowallance, Vol 1, No 2 (2015) Boiwallance Vol 1 No 2.

Kurniawati, F. R., & Lukito, A. (2014). Struktur Aljabar pada Pewarisan Genetik. MATHunesa, 59.

Leon, S. J. (2001). Aljabar Linear dan Aplikasinya. Jakarta: Erlangga.

Manfaat, B. (2004). Model Pengendalian Persediaan Untuk Persoalan pemasok Lele dalam Mengoptimalkan Biaya pengadaan Pemeliharaan dan kesenjangan (Teknik Analitik dengan pendekatan Kalkulus diferensial). Malang: Universitas Islam Negeri Malang.

Manfaat, T. S. (2015). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Cirebon: Eduvision.

Muchidin, A. (2016). Pemodelan Sistem. Yogyakarta: Deepublish.

Muniri. (2016). Konstribusi Matematika dalam Konteks Fikih. Ta'allum, Vol 04, No 02 193-214.

Nurmia. (2017). Application of Matrix Diagonalization to Investigate the Inheritance of Genotypes in the nth Generation Genetics. Eprints Universitas Negeri Makasar, 13.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.