Analisis Gaya Mengajar Guru Biologi Dan Pola Perilaku Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Losarang
(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(2) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(3) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author
Abstract
Gaya mengajar guru biologi sangat berpengaruh terhadap perilaku siswa yang ditimbulkan saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini tentu diperlukan gaya mengajar guru yang mampu menciptakan suasana kelas yang kondusif, pengelolaan kelas yang baik, membangun inisiatif dan kreatifitas siswa dalam pembelajaran. Sehingga perlu dilakukan analisis gaya mengajar guru biologi dan pola perilaku siswa XI di SMA Negeri 1 Losarang. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan (1) gaya mengajar guru biologi kelas X di SMA Negeri 1 Losarang (2) Pola perilaku siswa di SMA Negeri 1 Losarang . metode penelitian yang digunakan ialah metode mixed methods sequential exsplanatory. Populasi dalam penelitian ini ialah guru biologi di SMA Negeri 1 Losarang dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih guru X sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan data yang dilakukan ialah dengan wawancara, lembar observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya mengajar guru biologi yang dilakukan selama empat kali pertemuan menunjukan dominasi gaya mengajar demokratis dengan perolehan persentase sebesar 46,25%, sedangkan gaya mengajar otorier memperoleh persentase sebesar 4,35 dan laize-faire memperoleh persentase sebesar 8,25%. Hal ini ditandai dengan indikasi-indikasi gaya mengajar yang muncul dalam proses pembelajaran berdasarkan Ahmad Rohani (2005). Adapun perolehan data pada perilaku siswa kelas XI IPA 4 selama 4 pertemuan menunjukan pola perilaku siswa kelas XI IPA 4 ada pada aspek manipulasi dan artikulasi dengan perolehan masing-masing sebesar 58%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar guru X ialah gaya mengajar demokratis dan pola perilaku siswa kelas XI IPA 4 ialah berada pada aspek manipulasi dan artikulasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Frunza, V. 2013. Implications of teaching styles on learning efficiency. ScienceDirect.
Hamzah, 2014. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif). Jakarta : Bumi Aksara
Kompri, 2016. Motivasi Pembelajaran Perpektif Guru dan Siswa. Bandung : Rosdakarya
Mujamil, 2012. Kesadaran Pendidikan. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media
Nasution, 2005. Managemen Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pembelajaran . Jakarta : Rineka Cipta
Sadulloh, Uyoh, dkk. 2011. Pedagogik. Bandung. Alfabeta.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.
Winansih, Varia. 2009. Psikologi Pendidikan. Medan : La Tansa Press
Yamin, M. 2006. Profesionalisasi Guru dan KBK. Jakarta : Gaung Persada
Zeeno, 2005. Resep Menjadi Pendidik Sukses Berdasarkan Petunjuk Al-Qur’an dan Teladan Nabi Muhammad. Jakarta : Hikmah
Article Metrics
Abstract view : 23 timesPDF - 17 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.