Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Sistem Reproduksi di SMA Negeri 1 Jamblang Cirebon

Fatmawati Fatmawati(1*), Djohar Maknun(2), Ina Rosdiana Lesmanawati(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati
(3) IAIN Syekh Nurjati
(*) Corresponding Author

Abstract


Model pembelajaran inkuiri merupakan model pembelajaran yang menekankan keaktifan siswa dalam belajar dan mampu mengharapkan kemampuan siswa dalam memecahkan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri,  menganalisis perbedaan peningkatan keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen dan kontrol, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap model pembelajarn inkuiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Jamblang dengan populasi 172 siswa kelas XI dan sampel sebanyak 35 siswa pada kelas eksperimen dan 34 siswa pada kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan observasi. Teknik pengumpulan data meliputi tes pilihan ganda dengan 30 soal, observasi, dan angket. Hasil penilitian menunjukkan penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi sistem reproduksi dalam kriteria baik disetiap pertemuannya, terdapat perbedaan peningkatan keterampilan proses sains siswa yang signifikan baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol seperti rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 42 menjadi 82 pada nilai posttest dan rata-rata nilai pretest kelas kontrol sebesar 46 menjadi 70 pada nilai posttest, dan respon yang ditunjukkan oleh siswa dengan respon positif terhadap pembelajaran inkuiri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan proses sains siswa dan siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran tersebut.

Keywords


Model Inkuiri, Keterampilan Proses Sains, Sistem Reproduksi

Full Text:

PDF

References


Ambasari, W., Sentosa S., Maridi. (2013). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dasar pada pelajaran biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 81-95

Hilman, (2014). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mind map terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan Sains. 2(4), 221-229

Mursyida, Ira., Muhibbuddin, & Supriatno. (2017). Penerapan strategi inkuiri terbimbing dan peta konsep dalam mengurangi miskonsepsi pada materi jaringan tumbuhan. Jural Edubio Tropika, 5(2), 68-74

OECD. (2014). Programme for international student assessment 2012 in result in focus. The Organization for Economic Cooperation and Development Publishing

Rauf, Abd Rose A., Rasul M.S., Mansor A.N., Othman Z, Lyndon N.(2013). Inculcation of science process skill in a science classroom. Asian Social Science, 9(8), 47. http://dx.doi.org/10.5539/ass.v9n847

Widayanto. (2009). Pengembangan keterampilan proses dan pemahman siswa kelas X melalui kit optic. Jurnal Pendidikan Fisika Ind. 5(1)


Article Metrics

Abstract view : 19 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.