Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Concept Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Calon Guru Biologi pada Matakuliah Struktur dan Perkembangan Hewan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Kegiatan belajar mengajar dilandasi oleh beberapa prinsip yaitu berpusat pada peserta didik, mengembangkan kreativitas peserta didik dan belajar melalui berbuat. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah model pembelajaran inkuiri disertai Concept mapping. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengkaji: (1) aktivitas belajar  mahasiswa  dalam orientasi masalah, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan pada penerapan model pembelajaran Inkuiri disertai Concept mapping, (2) perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa antara kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Inkuiri disertai Concept mapping dengan kelas kontrol yang diterapkan Saintifik Approach, (3) respon mahasiswa setelah penerapan model pembelajaran Inkuiri disertai Concept mapping untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif calon guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Desain penelitian Pretest-postest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) aktivitas belajar mahasiswa pada saat diterapkan model pembelajaran Inkuiri disertai Concept mapping mengalami peningkatan setiap pertemuannya pada aspek orientasi masalah, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan, (2) terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang signifikan, nilai N-gain pada kelas eksperimen 0,64 sedangkan pada kelas kontrol 0,51 keduanya termasuk dalam kategori sedang, (3) Respon mahasiswa  terhadap implementasi model pembelajaran Inkuiri disertai Concept mapping menunjukan data 79% siswa menanggapi respon dengan kategori sangat kuat dan 21% calon guru  menanggapi respon tersebut dengan kategori kuat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aliwanto. 2017. Analisis Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang Vol.3 No.1
Colin, R. 2003. K.U.A.S.A.I. Lebih Cepat: Buku Pintar Accelerated Learning. Bandung: Kaifa
Dahar, R. W. 2000. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Filsaime, Dennis K. 2008. Menguak Rhasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya
Jaya IM, IW Sadia & IBP Arnyana. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter dengan Setting Guided Inquiry untuk Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar Siswa SMP. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 4: 1-12.
Mulyasa. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya
Munandar, Utami. 2009. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Riyanto, Susilo. 2009. Penerapan Pembelajaran Berbasis Keterampilan Berfikir Kreatif Kepada Siswa Sekolah Kelas X. Jurnal Penelitian. Vol 12 (6)
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sutarni, M. 2011. Penerapan Metode Concept Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Mengerjakan Soal Cerita Bilangan Pecahan. Jurnal Pendidikan Penabur (16): 26-33
Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Grup
Zubaidah, Pangestuti. 2016. Peta Konsep Sebagai Alat Evaluasi. Jakarta: Prenadamedia Grup
Article Metrics
Abstract view : 27 timesPDF - 14 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.