Analisis Gaya Mengajar Guru Biologi Dalam Meningkatkan Sikap Siswa Kelas X dAi SMAN 1 Losari Kabupaten Brebes
(1) IAIN Syekh Nurjati
(2) IAIN Syekh Nurjati
(3) IAIN Syekh Nurjati
(*) Corresponding Author
Abstract
Guru merupakan faktor utama penentu berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran, maka gaya mengajar seorang guru yang baik dan sesuai dengan standar kurikulum, dapat mempengaruhi proses pembelajaran dikelas, terlebih pada sikap siswa. Sehingga perlu dilakukan adanya analisis gaya mengajar guru pada proses pembelajaran dalam meningkatkan sikap siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengkaji: (1) Gaya mengajar guru Biologi kelas X di SMAN 1 Losari Kabupaten Brebes dalam proses pembelajaran (2) Sikap siswa kelas X di SMAN 1 Losari Kabupaten Brebes dalam melaksanakan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mixed methods dengan strategi sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Biologi kelas X di SMAN 1 Losari Kabupaten Brebes yang berjumlah 3 orang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah satu yaitu guru X. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan lembar wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaya mengajar guru X yang kerap kali dimunculkan guru X saat pembelajaran yaitu gaya mengajar demokratis dengan sebesar 93%, gaya mengajar otoriter sebesar 6%, dan gaya mengajar laize-faire yaitu sebesar 1%. Dari ketiga gaya mengajar tersebut, gaya mengajar demokratis lebih mendominasi; (2) Sikap siswa yang dihasilkan dari data angket pada pertemuan pertama dan terakhir mengalami peningkatan, dimana pada pertemuan pertama sikap positif siswa pada kriteria sangat kuat nya lebih rendah yaitu 35,48%, sedangkan pada data angket pertemuan terakhir di dapatkan prosentase yang meningkat yaitu sebesar 54,84%. Sehingga, dapat dikatakan bahwa gaya mengajar guru X dapat meningkatkan sikap siswa kelas X di SMAN 1 Losari Kabupaten Brebes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rodakarya.
Ali, N., Kakakhel, S., Rahman, W., & Ahsan, A. 2014. Impact of humab resource management practices on employees’ outcomes. Life Science Journal. 11(4): 68-77.
Anas, Sudijono. 2007. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada Raju.
Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Materi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Atas.
Deswita, Atika Prama. 2013. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Program Keahlian Akuntansi Siswa Kelas X Di Smkn 1 Sawahlunto.
Journal of Economic and Economic Education. Vol.2 No.1 (1-10).
Djamarah dan Zein. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Istriani Hardini, Dewi Puspitasari. 2017. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, & Implementasi). Yogyakarta: Familia.
Jamil Suprihatiningrum. 2016. Guru Profesional (Pedoman Kinerja, Kulifikasi, & Kompetensi Guru). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset
Mulyasa, E. 2009. Kompetensi Guru dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Cet ke 9. Bandung: Bumi Aksara.
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Siti Zubaedah. 2016. Keterampilan Abad 21: Keterampilan Yang Dianjurkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan. Kalimantan Barat.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarwan. 2010. Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Prakteknya. Bandung : Pustaka Setia.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Pendidikan. Jakarta: EGC.
Wijayanto, Setyo Hari. 2008. Structural Equation Modeling dengan LISREL 8.8. yogyakarta: Graha Imu.
Winkel. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Article Metrics
Abstract view : 18 timesPDF - 9 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.