Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Entrepreneurship pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Siswa

Mohamad Sabar Maulana Sanjaya(1*), Wahidin Wahidin(2), Yuyun Maryuningsih(3),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(2) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(3) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Siswa kurang terampil dalam memanfaatkan alam sekitar, siswa belum mampu dalam mengambil suatu keputusan dari sebuah masalah, kemerosotan nilai-nilai yang terjadi saat ini disebabkan metode yang digunakan guru pada proses pembelajaran biologi masih menggunakan metode konvensional. Agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan pembelajaran melalui penerapan pembelajaran biologi berbasis entrepreneurship terintegrasi pada keterampilan pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji aktivitas belajar siswa terhadap pembelajaran biologi berbasis entrepreneurship pada materi pencemaran lingkungan; (2) mengkaji perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diterapkan pembelajaran biologi berbasis entrepreneurship dengan yang tidak diterapkan; (3) mengkaji keterampilan pengambilan keputusan siswa membuat produk; (4) mengkaji sikap wirausaha siswa; dan (5) mengkaji respon siswa. Desain penelitian adalah pretest-posttest control group design. Sampel dipilih dengan purposive sampling. Hasil penelitian, penerapan pembelajaran biologi berbasis entrepreneurship terintegrasi pada keterampilan pengambilan keputusan dikelas eksperimen terlaksana dengan sangat baik. Pembelajaran membutuhkan proses partisipasi siswa yang aktif agar dapat menyelesaikan masalah melalui proses pengambilan keputusan. Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas yang diterapkan pembelajaran biologi berbasis entrepreneurship terintegrasi pada keterampilan pengambilan keputusan dengan kelas yang tidak diterapkan pembelajaran biologi berbasis entrepreneurship terintegrasi pada keterampilan pengambilan keputusan dengan signifikansi 0.000. Sikap pengambilan keputusan dan sikap wirausaha siswa yang tergolong kuat dengan presentase tinggi pada keterangan baik (B).


Keywords


penerapan entrepreneurship, pengambilan keputusan, sikap wirausaha.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2008. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Baker, E. Trygg, B., Otto P., Tudor, M., dan Ferguson, L. 2011. Project-based Learning Model, Relevant Learning for the 21 st Century.

Washington DC: Pacific Education Institute. Fitriah, Eka. 2013. Implementasi Bioentrepreneurship pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Life Skill dan Minat Wirausaha Siswa Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren di Cirebon. Jurnal Scientia Educate, Vol. 1, hlm: 1-19.

Kasmir. 2007. Ciri-ciri Wirausaha ‘’Kewirausahaan’’. Bandung: Alfabeta. Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Berbasis Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mirfani, Aceng Muhtaram. 2017. The Inovativeness and The Decision-Making Skills of Primary School Principals. Jurnal Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 118, hlm: 520-528.

Rustaman, N. Y. 2011. Pendidikan dan Penelitian dalam Mengembangkan Keterampilan Tingkat Tinggi untuk Membangun Karakter. (Prosiding Seminar Nasional VIII Biologi, Sains, Lingkungan dan Pembelajarannya Menuju Pembangunan Karakter). Solo: Pendidikan Biologi FPMIPA FKIP UNS.

Ananda, Rusydi. 2016. Pengantar Kewirausahaan: Rekayasa Akademik Melahirkan Enterpreneurship. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Sani, R A., 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sartika. 2013. Kognitif Siswa dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soemantri, A., & Muhidin, S. A. 2006. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Sulasari, Ayu. 2016. Pengembangan Metode Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Karakter Wirausaha Mahasiswa di Politeknik Negeri Malang. Jurnal Pendidikan, Vol. 10, No. 1, hlm: 1-15.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2012. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya. Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suherman, Eman. 2008. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.Sukardi

Suryanti. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Multi-Siklus Deal untuk Mengerjakan Keterampilan Pengambilan Keputusan Siswa SD. Jurnal Sekolah Dasar Mei 2012, Vol. 21, No. 1, hlm: 1-8.

Syafrizal. 2008. Filsafat dan Metode Riset. Medan: USU Press. Uno, Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: BumiAksara.

Yuniartiek, Erna., Indriyanti, D. R., dan Alimah, S. 2015. Pengembangan Pembelajaran Daur Ulang Limbah Berorientasi Bioentrepreneurship dengan Model Project Based Learning. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan, Vol. 44, No. 2, hlm: 104-110.

Yusri. 2013. Statistika Sosial Aplikasi dan Interpretasi. Jakarta: Erlangga.Suartika. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. E-Journal Program Pascasarjana: Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Vol. 3: 1-12

Suastra, I., Ali, L., Sudiatmika, A. 2006. Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau Dari hakikat Sains Pada SMP di Kabupaten Lombok Timur. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi pendidikan, Vol 3 Toharudin, Uus. dkk. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Wisudawati, A & Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara

Yuliani., Cahyani, D., Roviati, E. 2016. Penerapan Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VII Materi Pokok Pencemaran Lingkungan di SMPN 1 Cikijing. Scientia Educatia Vol. 5 No. 2: 122-135.


Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.