PENERAPAN PENDEKATAN KLARIFIKASI NILAI BERBASIS NILAI ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI SMAN 1 TANJUNG

Ahmad Yusuf Bahtiyar(1*), Anda Juanda(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran Biologi erat kaitannya dengan pembelajaran nilai. Salah satu nilai yang dapat diterapkan yaitu nilai Islami. Mekanisme pembelajan nilai dapat menggunakan pendekatan pembelajaran klarifikasi nilai. Pendekatan tersebut dapat menanamkan nilai positif pada siswa. Sistem pencernaan makanan menjadi salah satu materi Biologi yang banyak dibahas pada kaidah Islam. Sikap ilmiah merupakan sikap yang harus dimiliki siswa sains (IPA). Penelitian ini bertujuan meneliti adanya peningkatan sikap ilmiah siswa dari penerapan pendekatan klarifikasi nilai berbasis nilai Islami pada materi sistem pencernaan makanan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Tanjung Brebes. Populasi 245 sampel. Sampel terdiri dari 35 siswa di Kelas XI IPA 3 (kelas Eksperimen) dan 36 siswa di Kelas XI IPA7 (kelas Kontrol). Desain Penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan data melalui Observasi, Tes dan Angket sikap ilmiah. Hasil Menunjukan Aktivitas sikap ilmiah siswa kelas Eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas Kontrol. Angket sikap ilmiah menunjukan skor rata-rata (Post-test) 75,69 pada kelas Eksperimen. dan skor rata-rata (Post-test) 64,76 pada kelas Kontrol. Sedemikian hingga sikap ilmiah pada kelas Eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dari kelas Kontrol.

Keywords


Pendekatan Klarifikasi Nilai, Nilai Islami, Sikap Ilmiah, Sistem Pencernaan Makanan.

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, S. 2012. Pembelajaran Nilai-Karakter. Jakarta: Rajawali Press.

Aditia, M, T & Muspiroh, N. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi Masyarakat dan Islam (Salingtemas) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem Kelas X di SMA NU (Nahdhlatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Scientiae Educatia, 2 (2) : 1-20.

Amri, M, N. et al. 2017. Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Biologi di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Jurnal Edu Riligia, 1 (4) : 487-501.

Anas, N. et al. 2013. The Integration of Knowledge in Islam : Concept and Challenges. Global Journal of Human Social Science Linguistic and Education, 13 (10) : 51-56.

Anggarini D. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Gambar Terhadap Nilai Karakter Siswa Kelas V SD Gugus VI Tajun. [Skripsi]. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Anwar, N, P & Bhutta, S, M. 2014. Student’s Attitude Towards Science in Lower Secondary Classes : Comparison Across Regions. Journal of Educational Research, 17 (1) : 77-90.

Anwar, H. 2009. Penilaian Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi Ilmu, 2 (5) : 103-114.

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Budur, T, L. 2013. Integrasi Pendidikan Karakter Melalui Inquiri dengan Lesson Study dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII SMPN 1 Singosari. Jurnal Pendidikan Sains, 1 (2) : 171-177.

Dewi, F, R. et al. 2015. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis IMTAQ pada Konsep Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMA Negeri Jamblang. Scientia Educatia, 5 (2) : 1-11.

Djudin, T. 2011. Menyisipkan Nilai-Nilai Agama dalam Pembelajaran Sains : Upaya Alternatif Memagari Aqidah Siswa. Jurnal Khatulistiwa (Journal of Islamic Studies), 1 (2) : 151-161.

Ekawati, E, Y. 2016. Optimalisasi Pemanfaatan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Pembinaan Nilai-nilai Religi. [Artikel Ilmiah]. Pendidikan Fisika UNS (Universitas Negeri Surakarta).

Fritsz, M, R. 2017. Values Clarification : Essential For Leadership Learning. Journal of Leadership Education, 47-63.

Hamzah, F. 2015. Studi Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam-Sains Pokok Bahasan Sistem Reproduksi kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Adabiyah : Jurnal Pendidikan Islam, 1 (1) : 41-54.

Harrison, J, L. 2006. Values Clarification : An Appraisal. Journal of Moral Education. 6 (1). 22-31

Hidayat Y. 2013. Rekonstruksi Nilai Dalam Penataan Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Nilai Religius Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai. [Tesis]. Universitas Pasundan.

Ibrohim, H & Rohman, F. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Materi Plantae Berbasis Inquiri Terbimbing Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan : Teori Penelitian dan Pengembangan, 1 (11) : 2163-2171.

Juanda, A. 2014. Integrasi Ilmu Alam (Sains dan Agama) Berbasis Kurikulum Grass Roots di Perguruan Tinggi Islam. Scientia Educatia, 3 (1), 79-88

Karmila, M. 2013. Implementasi Pendekatan Klarifikasi Nilai atau Values Clarification Technique (VCT) dalam pembelajaran Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian PAUDIA, 2 (1) : 12-17

Kind, P. et al. 2009. Developing Attitudes Towars Science Measures. International Journal of Science Education, 29 (7) : 871-893.

Kisoglu, M. 2018. An Examination of Science High School Student’s Motivation Towards Learning Biology Lesson. International Journal of Higher Education, 7 (1) : 151-164.

Lestari, I, L. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Perpaduan Metode Inquiri dan Resiprocal Teaching pada Materi Sistem Eksresi di Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015. [Skripsi]. UN PGRI Kediri.

Lestari, P. 2014. Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 3 Bengkulu Tengah pada Pembelajaran Biologi Berpendekatan Inquiri. [Skripsi]. Universitas Bengkulu.

Lisievici, P & Andronie, M. (2016). Teachers Assesing the Effectiveness of Values Clarification Techniques in Moral Education. Procedia. Social and Behavioral Sciences, 2 (17) : 400-406.

Lubis, M. 2011. Evaluasi Pendidikan Nilai. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Madjid, A. 2014. Pendidikan Berbasis Ketuhanan: Membangun Manusia Berkarakter. Bogor. Ghalia Indonesia.

Margiastuti, S, N. 2015. Penerapan Model Guided Inquiri Terhadap Sikap Ilmiah dan Pemahaman Konsep Siswa pada Tema Ekosistem. [Skripsi]. Universitas Negeri Semarang.

Mawardi, I. 2012. Pendidikan Life Skills Berbasis Budaya Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran. Nadwa (Jurnal Pendidikan Islam), 6 (2) : 216-234.

Maulana, M, R. 2015. Pendekatan Klarifikasi Nilai (Values Clarification Approach) Pada Konsep Perubahan dan Pencemaran Lingkungan untuk Menumbuhkan Sikap Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Sekitar Kelas X di SMA NU Lemahabang. [Skripsi]. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Muhaimin. 2015. Implementasi Model Klarifikasi Nilai dalam Mengembangkan Kompetensi Meneladani Perilaku Masa Kanak-Kanak Nabi Muhammad SAW. Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam, 10 (2) : 55-67.

Muhtadi, A. 2007. Teknik dan Pendekatan Penanaman Nilai dalam Proses Pembelajaran di Sekolah. Makalah Ilmiah Pembelajaran Sains, 3 (1) : 21-35

Muhsinin. 2013. Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Islam untuk Membentuk Karakter Siswa yang Toleran. Edunasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8 (2) : 205-228

Nafila, N, H. et al. 2016. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Iman dan Taqwa (IMTAQ) pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Ciwaringin. Scientia Educatia, 5 (2) : 136-143

Naima, Erniati. 2013. Evaluasi Pendidikan Nilai (Perkembangan Moral Keagamaan Mahasiswa Stain Datokarama Palu). ISTIQRA’, Jurnal Penelitian Ilmiah, 1 (2). 22-34

Nashr, A, R. 2011. Attitude Towards Biology and it’s Effects on Student’s Achievement. International Journal of Biology, 3 (4) : 100-105.

Nurhasanah. 2016. Perbedaan Sikap Ilmiah Siswa Antara yang Menggunakan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing dengan Group Investigation (GI) pada Konsep Fungi. [Skripsi]. UIN Syarif Hidayatullah.

Prokop, P. et al. 2007. Slovakians Students Attitudes Toward Biology. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 3 (4) : 287-295.

Raved, L & Assaraf, O, B, Z. 2010. Attitudes Towards Science Learning Among 10 th Grade Students : A Qualitative Look. International Journal of Science Education, 1( 1) : 1-25.

Sanjaya, W. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sarjono. 2005. Nilai-nilai Dasar Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2 (2) : 135-147

Supriatna, E. 2017. Study on the Best Practice of Character Building With Value Clarification Technique Approach at the Integrated Islamic Elementary Schools. International Journal of Historical Studies, 9 (1) : 95-115.

Sutisna. et al. 2014. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis IMTAQ pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Mandirancan. Scientia Educatia, 3 (1), 123-137.

Ulfa, S, W. 2016. Pembelajaran Berbasis Praktikum : Upaya Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Biologi. Nizhamiyah, 6 (1) : 65-77.

Yustina, et al. 2017.Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). [Skripsi]. Universitas Riau.

Winarni, E, W. 2012. Penggunaan Values Clarification dengan Media Computer Assisted (CAI) untuk Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Sikap Ilmiah, dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD). Jurnal Exacta, 10 (2).

Zuhairini. et al. 2012. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta. Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF - 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.