PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS POTENSI LOKAL GERABAH SITIWINANGUN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMA NEGERI 1 DUKUPUNTANG

Utari Nurfadhilah(1*), Kartimi Kartimi(2), Novianti Muspiroh(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penguatan materi biologi dengan mengangkat potensi lokal menjadi sangat penting untuk membangun kemampuan berpikir kritis yang diperlukan untuk menganalisis suatu permasalahan. Perlunya penekanan potensi lokal sebagai indigenous science dalam pembelajaran biologi. Pembelajaran biologi di sekolah dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pengetahuan biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji aktivitas belajar siswa, peningkatan keterampilan berpikir kritis (KBK) siswa dan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis potensi lokal Gerabah Sitiwinangun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 1 Dukupuntang. Sampel terdiri dari 35 siswa kelas X MIPA 3 (kelas eksperimen) dan 35 siswa X MIPA 4 (kelas kontrol). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest group design dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan software SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan aktivitas belajar , terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir serta hasil angket respon siswa spek receiving 71%, aspek responding 77%, dan aspek valuing 79%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan peningkatan KBK siswa, aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dari kelas control dan  siswa membei  respon positif terhadap pembelajaran berbasis sains potensi lokal Gerabah Sitiwinangun.

Keywords


Sains Potensi Lokal, Gerabah Sitiwinangun, Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Amalia, 2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains Keunggulan Lokal Kerajinan Batik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub-Pokok Bahasan Tumbuhan Berbiji Di Kelas X SMA Negeri 1 Jamblang. [Skripsi]. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.

Arnyana, Ida Bagus Putu, I. Wayan Suastra, and I. Made Sugiarta. 2013. Model Pembelajaran MIPA Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Karakter Bangsa Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional MIPA Vol. 3 (1).

Aryono. 2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains budaya Lokal Ngarambet Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Konsep Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 1 Cilimus Kuningan. [Skripsi]. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.

Saliman. 2007. Penerapan Pembelajaran Berbasis Budaya Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sartini. 2004. Menggali Kearifan Lokal Nusantara Sebuah Kajian Filsafati. Filsafat. 37: 111-119.

Snively, G., dan John C. 2000. Discovering Indigenous Science: Implications for Science Education. Science Education. (85) : 6-34.

Suastra, I. W. 2011. Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Sains dan Nilai Kearifan Lokal di SMP. Fakultas MIPA, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 (2) : 8-16.

Wahyuni, A. 2012. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Aktivitas Belajar Biologi di Kelas XI IPA SMA N 11 Kota Jambi. Jambi: Universitas Jambi.

Widiastuti, Siwi. 2012. Pembelajaran Proyek Berbasis Budaya Lokal untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. KB DAN TK Laboratori Pedagogia FIP UNY. Jurnal Pendidikan Anak. Vol 1 (1).


Article Metrics

Abstract view : 77 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.