PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI DI MAN 3 CIREBON
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Atikasari, S. 2012. Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Dalam Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Kemampuan Analisis. Journal of Biology Education Vol. 1 (3) : 219-227.
Fisher, A. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Hartati, R. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015) pp. 505-508.
Kartono, H. dan Bujang, G. 2010. Penelusuran Budaya dan Teknologi Lokal dalam Rangka Rekonstruksi dan Pengembangan Sains di Sekolah Dasar. Pontianak: Universitas Tanjungpura.
Pannen. 2001. Kontruktivisme Dalam Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Sulistyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Susilowati. 2013. Membelajarkan IPA dengan Integrative Science Tinjauan Pustaka Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skills) dalam Implementasinya pada Kurikulum 2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Article Metrics
Abstract view : 101 timesPDF - 79 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.