Pengaruh Metode Take and Give Terhadap Hasil Belajar Menulis Puisi Pada Siswa Kelas IV di MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon Tahun 2021

Uli Rusyani(1*), Patimah M.Ag(2), Moh Masnun(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar menulis puisi di kelas IV. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode take and give terhadap hasil belajar menulis puisi kelas IV MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitaif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 siswa kelas IV, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil belajar menulis puisi menggunakan metode take and give setelah diberikan treatment diperoleh rata-rata sebesar 76,39 menunjukkan hasil belajar menulis puisi siswa sangat baik. Data yang diperoleh dibuktikan dengan perhitungan statistik dengan hasil uji determinasi 23,6% (besarnya pengaruh). Dan berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai p- value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, dan nilai thitung > ttabel yaitu 9,447 > 0,468. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara metode take and give terhadap hasil belajar menulis puisi pada siswa kelas IV MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon.

Full Text:

PDF PDF

References


Dalman, H. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas.

Hamalik, O. (2005). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan, ISCOM Medan.

Mudjiono, D. &. (2013). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: PT BPFE

Pradopo. (2012). Pengkajian Puisi. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama.

Riyanto. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik dalam Implentasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sisdiknas. (2003). Undang-undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sisdiknas.

Sugiyoni. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan, Research and Davelopment, Untuk Bidang: Pendidikan, Manajemen, Sosial, Teknik. Bandung: Alfabeta.

Sunendar, I. W. (2011). Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suprijono. (2013). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: 10.24235/ijee.v3i2.9912

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â