PENGARUH METODE ESTAFET WRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV MI WATHONIYAH PUTRI MERTAPADA KULON
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Kata Kunci: Metode Estafet Writing, Keterampilan Menulis Puisi, Siswa Sekolah Dasar
Full Text:
PDFReferences
Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP, 1(2), 166.
Ardiansyah, Deden, Hodidjah, Suryana, Y. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas menggunakan Teknik Pancingan Kata Kunci di Kelas 5 SD. Urnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 43–52.
Cintiandini, A., Nahdi, D. S., & Susilo, S. (2019). Mengembangkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Melalui Metode Pembelajaran Tipe Estafet Writing.
Fadlilah, H. N., Endang, U. ;, & Yuniartin, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Metode Menulis Berantai (Estafet Writing). Jurnal Bestari, 16(1).
Hulpa, W. N., Djuanda, D., & Hanifah, N. (2016). Penerapan Metode ESCO (Estafet Writing and Collaborative Writing) dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Melengkapi Cerita Rumpang. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).
Kalimah, S. ., Guntama, G. ., & Bagus, S. L. (2016). Puisi Siswa VIII A MTs Al-Khariyah Tegallinggah: Sebuah Analisis Struktur Fisik dan Batin Puisi. E-Jurnal JPBSI Universitas Pendidikan Ganesa.
Kusumaningsih, D., & Dkk. (2013). Terampil Berbahasa Indonesia. Penerbit Andi.
Lahir, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Recount Melalui Metode Estafet Writing pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 6 Sukoharjo Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Edunomika, 1(2).
Marini, Zairul Antosa, O. K. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Estafet Writing untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas IV SDN 006 Raja Bejamu Sinaboi. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1).
Novianti, M. ., Kurniaman, O. ., & Lazim. (2016). The Application of Cooperative Learning Strategy Estafet Writing Type to Improve Writing Skill in Writing Free Poetry at The 5th Year Elementary School Students of SD Negeri 34 Pekanbaru.
Rahmawati, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Melalui Penggunaan Metode Estafet Writing (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 1 Baregbeg). Jurnal Diksatrasia, 1(2).
Ramadhani, R., & Dkk. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.
Rohilah, R., Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Esstafet Writing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II.
Setiawan, G. K. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Dengan Menggunakan Metode Menulis Berantai Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kadungora Kabupaten Garut Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah, 7(1), 38–51.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sulistiani, R. (2014). Penerapan Metode Estafet Writing Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas V SDN Cihanjuang I Kecamatan Parongpong.
Susilo, S. V. ., & Ramdiati, T. (2019). Penerapan Model Multiliterasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Persuasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 24–31.
Syathariah, S. (2011). Estafet Writing. Leutikaprio.
Tarigan, H., & Guntur. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Penerbit Angkasa.
Waluyo, H. . (2011). Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. UNS Press.
Wulandari, T., Fuandi, A., & Sumarwati; (2012). Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Menulis Pusi melalui Penerapan Metode Menulis Berantai pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 1(1).
DOI: 10.24235/ijee.v5i2.9369
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id