Pengaruh metode whole brain teaching terhadap hasil belajar matematika pada materi pecahan dikelas V MI SALAFIYAH KOTA CIREBON

Artono Artono(1*), Tati Nurhayati(2), Syibli Maufur(3),


(1) IAIN syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Untuk mengetahui hasil belajar matematika menggunakan metode whole brain teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan menggunakan desain pre-experimental design tipe one group pretest dan posttest.penelitian ini menekankan analisis pada data-data numerik (angka) yang diolah menggunakan cara statistika. Instrumen pengumpulan data dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan dua teknik pengumpulan data (1) Tes dan (2) Observasi.Hasil belajar terhadap penerapan metode whole brain teaching pada pembelajaran matematika secara umum baik, karena berdasarkan interpretasi dari hasil belajar Pretest dan Postest. Hasil belajar Pretest didapatkan nilai rata-rata 3,92%, sedangkan nilai hasil belajar posttest yang didapatkan nilai rata-rata 6,25%. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar rata-rata pretest dan posttest meningkat. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode Whole Brain Teaching terhadap hasil belajar matematika kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon.
Kata Kunci: metode whole brain teaching, hasil belajar, materi pecahan.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Susanto. 2013. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: kencana prenada

media group.

Amstrong, Tricia. 2009. The Whole Brain Solution. Jakarta: Grafindo.

Arifin, Zaenal. 2009.Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam.

Biffle, Chris. 2013.Whole Brain Teaching Or Challenging Kids. USA: Whole Brain Teaching

LCC.

Dimyanti 2010. Belajar dan pembelajaran . Jakarta: Rineka Cipta.

Eko, Nursuitiyo. 2014. Kajian metode power teacing sebagai alternatif pembelajaran sains. Vol

No 1

Hasbi Ainul Fikri, M. 2017. Skripsi: “ Efektifitas Metode Whole Brain Teaching Terhadap Hasil

Belajar IPA Si’swa Kelas V MI AL- HUDAâ€. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Yogyakarta.

Koentjaraningrat. 1993. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta : Gramedia.

Nursulistiyo, E. 2014. Kajian metode whole brain teaching sebagai metode pembelajaran sains di

kelas. Jurnal Universitas Ahmad Dahlan, 1(1): 5- 10.

Purwanto. 2011. Statistika dalam penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan.(2013). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabate.

Trintongoro, Sutratisnah. 2001.Anak Super normal dan Program Pendidikan. Jakarta: Bina

Aksara.

Syahputra, Edy. 2020. Snowball Throwing tingkatkan minat dan hasil belajar. Sukabumi: Haura

Publishing.

Wijaya, Kurnia Hendra Wijaya dan Sudarmin. 2012. Kemampuan Masalah Matematika Siswa

Kelas VIII Berdasarkan Multiple Intelligences Pada Setting PBL. Jurnal UnnesOf

Matematic education research, 5 (2),224-12312




DOI: 10.24235/ijee.v4i1.8986

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â