Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Pemahaman Konsep IPA di Kelas IV MI Wathoniyah Pangenan Kabupaten Cirebon

Waeni Rizkilah(1*), Patimah Patimah(2), Atikah Syamsi(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah utama yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut berakibat pada nilai hasil ulangan harian siswa kelas IV yang tergolong rendah, yaitu 65% belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap pemahaman konsep IPA di kelas IV MI Wathoniyah Pangenan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil penelitian ini menujukkan bahwa 1) Proses pembelajaran pada mata pelajara IPA menggunakan model pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dari hasil angket menunjukkan kategori baik yaitu 90%. 2) Pemahaman konsep IPA di kelas IV MI Wathoniyah Pangenan menunjukkan peningkatan dengan hasil rata-rata posttest sebesar 84,25 lebih tinggi dari hasil pretest sebesar 60,00. Hal ini menujukkan pemahaman konsep IPA siswa kelas IV khususnya pada materi daur hidup hewan mangelami peningkatan. 3) Hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai uji t sebesar -8,339 dengan signifikansi diperoleh 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan yaitu tolak Ho dan terima Ha, sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap pemahaman konsep IPA di kelas IV MI Wathoniyah Pangenan. 


Full Text:

PDF

References


Alighiri, D. D. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Materi Laruan Penyangga dalam Pembelajaran Multiple Representasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia.

Almafdi, F. I. (2017). Keefektifan Model STAD Berbantu Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Kreman 01 Tegal. Seminar Nasional FIP 2016.

Ariani, T. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 169-177.

Cahyaningsih, U. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (TAI) Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas.

Dewi, N. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TAI Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha.

Fatimah, S. (2017). Analisis Pemahaman Konsep IPA Berdasarkan Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Multipresentasi, Jenis Kelamin dan Latar Belakang Sekolah Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar.

Fiteriani, I. &. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif dan Implikasinya Pada Pemahaman Belajar Sains di SD/MI (Studi PTK d Kelas III MIN 2 Wates Liwa Lampung Barat). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 94-115.

Hendawati, Y. &. (2016). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya dan Pemanfatannya. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.

Hurriyah, H. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dalam pembelajaran Fisika Kelas X MIA MAN 1 Padang. Natural Science : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 328-335.

Irwandani, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 165-177.

Leonard, L. &. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dengan Strateg Pembelajaran Tugas dan Paksa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran , 111-127.

Lisa, W. N. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Masdalifah, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 22-32.

Miftahul, H. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Methodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riyanti, A. d. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Tema Kalor. Jurnal Unnes Science Education Journal.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulfaeni, S. (2017). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Eenergi) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, 136-144.

Wati, C. S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Tps Berbantuan Media Permainan Tradisional Bali Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD Gugus IV Sawan. MIMBAR PGSD Undiksha.

Widiawati, N. P. (2015). Analisis Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Banjar. MIMBAR PGSD Undiksha.

Widyaningsih, E. E. (2017). Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Sebagai Upaya Optimalisasi Kontribusi Anggota Kelompok Dalam Praktikum IPA Materi Cahaya. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF).




DOI: 10.24235/ijee.v5i1.8943

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â