Penerapan Metode Cooperative Script dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas IV MI

Eka Kartika(1*), Patimah Patimah(2), Nur Atikoh(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran bahasa Arab di sekolah dasar yang sudah dilakukan berdasarkan Kurikulum 2013,
dititikberatkan pada kecakapan menyimak dan berbicara (Peraturan Menteri Agama 2013: 912). Hal
tersebut seharusnya dapat memicu perkembangan keterampilan berbicara bahasa Arab. Namun pada
realitanya masih banyak siswa yang belum maksimal pada keterampilan berbicara bahasa Arab. Hal
ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, selain itu kurangnya
sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses pembelajaran bahasa Arab, kemudian adanya
siswa yang belum lancar membaca Al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa
kelas IV MI-Al Hidayah GUPPI Kota Cirebon dengan menggunakan metode pembelajaran
Cooperative Scrip.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian
ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah
siswa dan guru kelas IVA MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon.
Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan berbicara Keterampilan berbicara bahasa Arab
dengan menggunakan metode Cooperative mengalami perkembangan. Hal ini dibuktikan dengan
banyaknya siswa sudah bisa menggunakan pelafalan dan intonasi dengan tepat. Kemudian siswa
sudah bisa menggunakan kosa kata/diksi dengan tepat, selain itu siswa sudah lancar dalam
melakukan perkenalan menggunakan bahasa Arab, dan juga siswa sudah berani maju ke depan
kelas untuk melakukan perkenalan.
Kata Kunci : Cooperative Script, Keterampilan Berbicara, Bahasa Arab.


Full Text:

PDF

References


Abdul, M. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Abdul, W. R. (2011). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki

Press.

Acep, H. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Rosda Karya.

Achnad, R. &. (2012). Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

A'la, M. (2011). Quantum Teaching Buku Pintar Praktik. Yogyakarta: DIVA Press.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Bineka Cipta.

Eka Wati, D. (2013). Ragam Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandar Lampung: Anugerah

Utara Raharja AURA.

Fahrurrozi, A. &. (2010). Pembelajaran Bahasa Asing. Jakarta: Bania Publishing.

Habibah, N. I. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar

Matematika Di Kelas III B MI Negeri 6 Kuningan Kabupaten Kuningan. IJEE, 4.

Hadi, R. (2017). Dari Teacher Centered Learning Ke Student Centered Learning : Perubahan

Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Insania, 408.

Hunainah. (2015). Penerapan Model Make A Macth Untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa

Arab Pada SDIT Al-Qonita Palang Raya. Hadratul Madaniyah, 55.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia. (2013). 000912.

Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Suja'i. (2008). Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab. Semarang: Walisongo Press.

Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

suryani, L. &. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Taufik. (2012). Pembelajaran Bahasa Arab MI. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Uno, B. H. (2015). Teori Motivasi dan Pengukuran. Gorontalo: Bumi Aksara.




DOI: 10.24235/ijee.v5i1.8856

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â