Penerapan Sistem Pembelajaran Boarding School Terhadap Pembentukan Karakter Kemandirian Peserta Didik di SDIQU Al-Bahjah Cirebon

rifkah ravenia(1*), Heru Mudiyanto(2), Dwi Anita Alfiani(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Karakter di sekolah berasrama merupakan peranan penting dalam membentuk karakter peserta didik. Seperti sistem pembelajaran boarding school yang terdapat pada SDIQU AL-Bahjah Cirebon, karena selain mendapatkan pengetahuan umum di sekolah, peserta didik juga mendapatkan pengetahuan-pengetahuan lain seperti pembinaan dan Pengasuhan di asrama . Sistem boarding school yang mengisolasi peserta didik dari pengaruh negatif dunia luar merupakan salah satu wadah untuk membina karakter peserta didik pada saat ini sehingga akan membentuk peserta didik yang berkarakter dan menjadi generasi penerus bangsa.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksaan program Boarding School dalam pembentukan karakter kemandirian peserta didik di Sekolah Dasar Islam Qur’ani Al-Bahjah Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan informan penelitian yang terdiri dari Kepala Sekolah, Pengajar, Pembimbing, peserta didik, dan orangtua peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik yang berjumlah 111 orang. Menggunakan  instrumen penelitian berupa wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data Miles and Huberman. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa  (1) Penerapan sistem pembelajaran boarding school di SDIQU Al-Bahjah dilaksanakan melalui penerapan pembinaan dan pengasuhan yang dibimbing dan diasuh oleh pengajar dan pembimbing. (2) Karakter kemandirian peserta didik boarding school di SDIQU Al-Bahjah diantaranya siswa mampu mamahami pelajaran dan mengerjakan tugas sekolahnya sendiri, siswa mampu bersosialisasi dengan baik, siswa mampu mengontrol emosi, siswa mampu mengurus dirinya sendiri serta bertanggung jawab atas segala yang anak perbuat, Sehingga  peserta didik memiliki karakter kemandirian intelektual, sosial, emosional, dan fisik. (3) Penerapan  sistem pembelajaran boarding school bertujuan untuk membentuk karakter kemandirian intelektual, kemandirian sosial, kemandirian emosional, kemandirian fisik. Maka dengan adanya penerapan pembinaan dan pengasuhan, pembentukan karakter kemandirian intelektual, kemandirian sosial, kemandirian emosional dan kemandirian fisik peserta didik boarding school SDIQU Al- Bahjah Secara keseluruhan program yang ada di boarding berjalan dengan baik.

 

Kata Kunci: Boarding School, Karakter, Kemandirian

 


Full Text:

PDF

References


Aini, N. D. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas IX IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1, 48-65.

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ukum, 7, 18.

Andayani, M. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bachtiar. (2012). Boarding School dan Peranannya dalam Pengembangan Pendidikan Islam.

Basri. (2017). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter dan Multikultural. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Jurnal lmiah Sekolah Dasar, 1, 247-251.

Chaplin. (2011). Kamus Lengkap Psikolgi (Terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Depriana, F. D. (2013). Kemandirian Perilaku Peserta Didik dalam Pemilihan Jurusan dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan dan Koseling. Jurnal Ilmiah Konseling, 2, 1-5.

Desmita. (2011). Psiklogi Perkemabnagan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Galela, F. (2012). Pendidikan Pola Asrama Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di Pesantren Hidayatullah Kaupaten Fakfak. Skripsi, UIN Alauddin Makassar.

Hasanah, I. (2017). Peran Boarding School Dalam Pembentukan Karakter Siswa di MAN Yogyakarta III. Skripsi, Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Komala. (2015). Mengenal Dan Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Orrang Tua dan Guru. 1, 1.

Michail, H. (2017). Sistem Pendidikan Boarding School Efektif Untuk Pendidikan Karakter Building. 2FJournal, 57.

Oktavia, L. d. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: Rene Book.

Riza, K. D. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1, 1.

Rosdiana, A. (2018). Pengaruh Sistem Pembelajaran Boarding School Terhadap Pembentukan Karakter Kemandirian Peserta Didik. Jurnal fkip Unila, 7, 2.

Setiawan, I. (2013). Pembinaan dan Pengembangan Peserta Didik Pada Institusi Berasrama. Yogyakarta: Smart Writing.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trahati, M. R. (2015). Implementasi Pendidikan Karater Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap. Skripsi, Yogyakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Uliana, P. D. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri Gendangan Sidoarjo. 165-179.




DOI: 10.24235/ijee.v5i1.8741

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â