Perkembangan sikap emosi marah anak di masa pandemi dalam mempelajari materi pecahan kelas III MIN Kota Cirebon

Rifa Hadijah(1*), Ummi Nur Rokhmah(2), Dwi Anita Alfiani(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Siswa MIN Kota Cirebon dalam perkembangan sikap emosi marah dalam mempelajari materi pecahan, ada beberapa anak yang belum bisa mengerjakan soal materi pecahan, emosinya ada yang menangis, tiba-tiba diam, dan ada yang melempar benda disekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan sikap emosi marah anak di masa pandemi dalam mempelajari materi pecahan di kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 3 instrumen yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah orang tua kelas III dan siswa kelas III. Data penelitian ini dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian (1) perkembangan sikap emosi marah anak kelas III MI Negeri Kota Cirebon bermacam-macam bentuk emosi marahnya, dari data tersebut terdapat 4 siswa marah apabila guru tidak memberikan bintang hasil tugasnya.(2) Perkembangan sikap emosi marah saat mempelajari materi pecahan di kelas III MI Negeri Kota Cirebon terdapat 4 siswa yang emosi marahnya terkontrol, 9 siswa emosi marah dengan cara menangis dan menyendiri, 1 siswa emosi marahnya dengan terdiam dan mengalihkannya untuk menonton TV, 1 emosi marahnya dengan bersembunyi di kamar mandi, dan 4 siswa emosi tidak terkontrol.(3) Peran orang tua di MI Negeri Kota Cirebon dikelas III ada 15 siswa yang selalu di awasi oleh orang tua pada saat mempelajari tugas yang di berikan oleh guru kelas, 4 siswa yang tidak pernah diawasi orang tuanya karena anak tersebut susah di atur dan emosi marah tidak terkontrol.
Kata Kunci : Perkembangan sikap emosi marah anak, mempelajari materi pecahan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al baqi, S. (2015). Ekspresi emosi marah . Jurnal Buletin psikologi, Volume. 23, No. 1.

Aprianti, E. (2017). Penerapan Metode Bercerita Dalam Konteks Perkembangan Sosial emosional anak usia dini di kober Baiturrohim kabupaten Bandung Jawa Barat. Jurnal Tunas Siliwangi- IKIP Siliwangi, Volume 3, No.2.

Christi, Y. A. (2013). Hubungan pengetahuan ibu tentang simulasi dini dengan perkembangan motorik pada anak usia 6-24 bulan di kecamatan mayang kabupaten jember. e-journal pustaka kesehatan, volume.1 No.1.

Darmiah. (2019). Perkembangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi emosi anak usia MI. Jurnal Pendidikan PIONIR, Volume.8, No.2.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, volume.10, No.1.

Hendra, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pokok Pecahan Di Kelas Iii Sd Negeri 200407 Huta Padang. Jurnal Bina Gogik, Volume.3, No. (1).

Hurlock. (2013). Perkembangan anak jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kayyis, F. A. (2019). Psikologi Perkembangan Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini, 3(1), 6.

Latifa, U. (2017). Aspek perkembangan pada anak sekolah dasar masalah dan perkembangannya. Jurnal of multidisciplinary studies., volume. 1, No. (2).

Lestari, S. (2016). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: kencana.

Mahabbati, A. (2006). Identifikasi anak dengan gangguan emosi dan perilaku di sekolah dasar, Volume.2, No.2.

Marganti, S. (2010). Perkembangan peserta didik. Medan: perdana publishing..

Mulyadi. (2010). Diagnosis kesulitan belajar dan bimbingan terhadap kesulitan belajar khusus. . Yogyakarta: Nuha Litera .

Mulyana. (2017). Kemampuan Anak Usia Dini Mengelola Emosi Diri Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi Dwp Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, Volume.2.

Mutiah, D. (2012). Psikologi bermain anak usia dini. Jakarta: Kencana prenada media group.

Nadhirah, F. Y. (2015). Pengedalian emosi . Jurnal Saintifik Islamic. Volume. 2, No. (1).

Nurmalitasi. F. (2015). Perkembangan sosial emosi pada anak . jurnal Buletin psikologi. Volume 23, No (2).

Pakpahan. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, Volume.4,No (2).

Purwanto, A. (2020). studi eksploratif dampak pandemic covid 19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. Journal of educations,psychology,and counseling, Voume.2 ,No.1.

Rahmawati. (2018, 28 Desember). Pola Komunikasi Dalam Keluarga. AlMunzir 11. Jurnal Al-Munzir, Volume. 11, No.2.

Riswandi, S. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Yogyakarta: Pedagogia.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif,kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Syafruddin. (2013). Ilmu kepelatihan olahraga. Padang: UNP Press.

Syahadat, M. (2013, Januari). Pelatihan regulasi emosi untuk menurunkan perilaku agresif pada anak, Volume x, No. (1).

Wijayanto,A. (2020). Peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak usia dini. Jurnal pendidikan luar sekolah, Volume. 1, No.1.

Wingsih. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(1).




DOI: 10.24235/ijee.v5i1.8473

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â