Pengembangan Media Pembelajaran ULTRA (Ulat Rangkai Kosakata) dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyyah
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam menuliskan kosakata bahasa Inggris dengan susunan huruf yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan produk media pembelajaran ULTRA (Ulat Rangkai Kosakata) serta mengetahui hasil peningkatkan kemampuan menulis kosakata bahasa Inggris siswa dengan menggunakan media yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan angket. Data yang didapat dianalisis menggunakan aplikasi SPSS berupa distribusi frekuensi dan Uji T. Hasil penelitian ini adalah (1) Produk media pembelajaran ULTRA (Ulat Rangkai Kosakata), (2) Media ULTRA dinyatakan baik dan sangat layak untuk diuji cobakan berdasarkan hasil validasi ahli media dengan skor 30 dan presentase sebesar 93,75%, media ULTRA baik dan sangat layak untuk diuji cobakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan skor tertinggi yakni 20 dan presentase sebesar 100% dan media ULTRA mendapatkan skor 28 dari hasil validasi oleh praktisi dengan presentase kelayakan sebesar 87,5% sehingga termasuk dalam kategori baik dan sangat layak untuk diuji cobakan tanpa revisi. (3) hasil uji coba terbatas didapat nilai sig 0,000 < 0,05 dimana pengembangan media ULTRA dapat meningkatkan kemampuan menulis kosakata bahasa Inggris siswa kelas III.
Kata kunci: Media ULTRA, Kemampuan menulis, Kosakata bahasa Inggris.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
A, I. A., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android . Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika Vol. 3 No. 1, 57-62.
Antosa, Z., & Lazim, N. (2020). Scientific Approach Resilience in Elementary School Through Development of Lapbook Learning Media. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Vol. 4 No. 1, 1-10.
Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan Vo. 10 No. 1, 46-62.
Buchori, A., & Setyawati, R. D. (2015). Development Learning Model Of Character Education Through E-Comic in Elementary School . International Journal of Education and Research Vol. 3 No. 9, 369-386.
Hayati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika Vo. 37 No. 1, 11-26.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam Vol. 37 No. 1, 27-33.
Masykur, R., Nofrizal, & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 2 , 177-186.
Megawati, F. (2016). Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. Jurnal Pedagogia Vol. 5 No. 2, 147-156.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, Vol. VIII. No. 2, 1-10.
Nafi'ah. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI . Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol. 8 No. 1 , 97-177.
Pito, A. H. (2008). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur'an. Andragogi Jurnal Diklat Teknis Vol. VI No. 2 , 97-177.
Puranik, C. S., Lonigan, C. J., & Suk, K. Y. (2011). Contributions of Emergent Literacy Skills to Name Writing, Letter Writing and Spelling in Preschool Children. Early Childhood Research Quarterly Vol. 26 No. 4, 465-474.
Rahayu, W. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Game Kosakata Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 37 No. 1, 85-96.
Rodiawati, H., & Komarudin. (2018). Pengembangan E-Learning melalui Modul Inteaktif Berbasis Learning Content Development System. Jurnal Tatsqif Vol. 16 No. 2, 172-185.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wikanengsih. (2013). Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming Berorientasi Karakter Bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Vol. 19 No. 2 , 177-186.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA Vol. 2 No. 1, 88-99.
DOI: 10.24235/ijee.v4i1.7139
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id