Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat Terhadap Pengembangan Karakter Siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang merasa kuat, hebat, dan mengganggu temannya. Ketika ditelusuri, siswa tersebut mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat. Penelitian yang dilakukan peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di MI Salafiyah Kota Cirebon, 2) pengembangan karakter siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon, dan 3) pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pencak silat terdahap pengembangan karakter siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodepenelitian ex post facto. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, penyebaran angket dan studi dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reabilitas, normalitas, linearitas, determinasi, koefisien regresi dan hipotesis. Dari hasil penelitian rekapitulasi observasi siswa bahwa proses kegiatan ekstrakurikuler pencak silat adalah 77% dengan kriteria kuat (baik). Hasil angket pengembangan karakter adalah 83% dengan kriteria sangat kuat (sangat baik). Berdasarkan hasil uji regresi nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena menurut hipotesis nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak, artinya bahwa ada pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pencak silat terhadap pengembangan karakter siswa. Adapun pengaruhnya yakni sebesar 37,9%, yang artinya pengaruh tersebut lemah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang lemah dalam kegiatan ekstrakurikuler pencak silat terhadap pengembangan karakter siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon.
Â
Kata Kunci: Kegiatan Ekstrakurikuler, Pencak Silat, Pengembangan Karakter
Â
Â
Â
Â
Abstract
This research is motivated by students who feel strong, great, and disturb their friends. When traced, the student participated in pencak silat extracurricular activities. The research conducted by this researcher aims to describe 1) pencak silat extracurricular activities in MI Salafiyah Kota Cirebon, 2) character development of students in MI Salafiyah Kota Cirebon, and 3) the influence of pencak silat extracurricular activities on the character development of students in MI Salafiyah Kota Cirebon. This study uses a quantitative approach with ex post facto research methods. Data collection is done through observation techniques, questionnaires and documentation studies. The data analysis used is the test of validity, reliability, normality, linearity, determination, regression coefficients and hypotheses. From the results of the research recapitulation of student observations that the process of pencak silat extracurricular activities is 77% with strong (good) criteria. The results of the character development questionnaire were 83% with very strong criteria (very good). Based on the results of the regression test a significance value of 0,000. Because according to the hypothesis the significance value is smaller than 0.05, Ho is rejected, meaning that there is an influence of pencak silat extracurricular activities on the development of student character. The effect is 37.9%, which means that the influence is weak. So it can be concluded that there is a weak influence in pencak silat extracurricular activities on the character development of students at the MI Salafiyah Kota Cirebon.
Â
Keywords: Extracurricular Activities, Pencak Silat, Character Development
Â
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Renika Cipta.
Dahliyana, A. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah. SOSIO RELIGI: Jurnal Kajian Pendidikan Umum , 15 (1), 54-64.
Fadriati. (2017). A Model of Discovery Learning Based - Text Book of Character and Islamic Education : An Accuracy Analysis of Student Book In elementary School. TA;DIB: Journal of Islamic Education , 20 (2), 188-202.
Gristyuwati, A. D., Purwono, E. P., & Widodo, A. (2012). Persepsi Pelajar Terhadap Pencak Silat Sebagai Warisan Budaya Bangsa Sekota Semarang Tahun 2018. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Healt and Recreation , 1 (3), 129-135.
Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan KArakter di Skeolah Dasar melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , 16 (3), 280-289.
Juwariyah. (2016). Pola Pembangunan Karakter Persepektif Al-Qur'an (Kajian Tematik Terhadap Surah Lukman). MUKADDIMAH: Jurnal Studi Al-Qur'an , 1 (1), 280-289.
Komalasari, K., & Saripudin, D. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER: Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: PT. Refika Aditama.
Kurniawan, A. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Cirebon: Eduvision.
Laelah, R. (2016). Upaya Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di Ma'arif Bego Sleman. Yogyakarta: Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Laili, I. F., & Naqiyyah, M. (2014). Kontribusi Penerapan Pendidikan Karakter (Gemar Membaca) terhadap Keterampilan Berbahasa Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Darul Hikam. Al - Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI , 1 (2).
Lickona, T. (2016). Character Matters (Persoalan Karakter): Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Madrotillah, M., & Zein, D. M. (2016). SILAT: Identitas Budaya, Pendidikan, Seni Bela Diri, dan Pemeliharaan Kesehatan. ANTROPOLOGI: Isu-isu Sosial Budaya , 18 (2), 121-133.
Marlianto, F., Yarmani, & Sutisyana, A. (2017). Analisis Tendangan Sabit Pada Perguruan Pencak Silat Tapak Suci Di Kota Bengkulu. KINESTETIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani , 1 (2), 101-105.
Muis, A., & Suprayitno. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci Putra Muhammadiyah di SD Muhammadiyah 1 Menganti Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 6 (12), 1-11.
Mulyana. (2016). Pendidikan Pencak Silat Membangun Jati Diri dan Karakter Bangsa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nusufi, M. (2015). Hubungan Kelentukan Dnegan Kemampuan Kecepatan Tendangan Sabit Pada Atlet Pencak Silat Binaan Dispora Aceh (PPLP dan Diklat) Tahun 2015. Jurnal Ilmu Keolahragaan , 14 (1), 35-46.
Patimah. (2015). Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Al - Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI , 4 (1), 1-17.
Rizal, S., & Munip, A. (2017). Strategi Guru Kelas dalam Menumbuhkan Nilai-nilai Karakter pada Siswa SD/MI. Al - Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI , 4 (1), 45-60.
Santoso, B. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler "Hisbul Wathan". ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam , 3 (1), 79-92.
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.
Suhartono. (2011). Buku Pelajaran Pencak Silat Nusantara Program Bela Diri Praktis. Jakarta: Keluarga Pencak Sila Nusantara.
Yanti, & dkk. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di SMA Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan , 6 (11), 963-970.
DOI: 10.24235/ijee.v2i1.6712
Article Metrics
Abstract view : 38 timesPDF - 7 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id