IMPLEMENTASI PENILAIAN KOMPETENSI SOSIAL GURU OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH KOTA CIREBON
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Fenomena yang terjadi dengan pendidikan saat ini masih banyaknya guru yang tidak sadar bahwa dirinya kurang menerapkan kompetensi sosialnya dengan baik. Dangan adanya implementasi penilaian kompetensi sosial guru oleh kepala sekolah ini adalah dapat mengetahui bagaimana kompetensi-kompetensi sosial yang diterapkan guru-guru di sekolah tersebut guna dapat meningkatkan kinerja guru- gurunya. Penelitian ini bertujuan untuk :1) mengetahui kompetensi sosial guru di MI Salafiyah kota Cirebon. 2) mengetahui penerapan penilaian kompetensi sosial guru oleh kepala sekolah di MI Salfiyah Kote Cirebon. 3) mengetahui hasil penilaian kinerja guru oleh kepala sekolah di MI Saafiyah Kota Cirebon. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif , pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu kepala sekolah dan guru-guru di MI Salafiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Adapun komponen analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Guru-guru di MI Salafiyah Kota Cirebon sudah mampu menerapkan kompetensi sosialnya dengan baik, dengan bukti bahwa guru-guru di MI Salafiyah Kota Cirebon sudah Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif terhadap peserta didiknya, selain itu juga guru-guru di MI Salafiyah Kota Cirebon sudah mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun sesama guru, tenaga pendidik dan orang tua peserta didiknya, guru-guru ikut berperan aktif dalam kegiatan diluar pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah dan masyarakatnya, 2) Penerapan penilaian kompetensi sosial oleh kepala sekolah di MI Salafiyah Kota Cirebon sudah berjalan secara simultan, dengan menggunakan dua jenis penilaian yaitu penilaian secara formal dan informal, 3) Hasil setelah dilaksanakannya penilian kompetensi sosial guru oleh kepala sekolah kinerja guru dapat meningkat yaitu 78% guru-guru di MI Salafiyah sudah menerapkan indikator kinerja guru dengan baik.
Kata kunci :Implementasi Penilaian Kompetensi Sosial Guru oleh Kepala Sekolah, Kinerja Guru
      Â
AbstractThe current phenomenon with education is that there are still many teachers who are not aware that they are not implementing their social competencies well. With the implementation of the teacher's social competence assessment by the principal, it was able to find out how the social competencies applied by the teachers in the school were able to improve the performance of the teachers. This study aims to: 1) determine the social competence of teachers in the Salafiyah MI in Cirebon. 2) knowing the application of teacher social competency assessment by the principal at MI Salfiyah Kote Cirebon. 3) find out the results of teacher performance appraisal by the school principal in Saafiyah MI, Cirebon City. This research method uses a qualitative method, a descriptive qualitative approach. The subjects in this study used a purposive sampling technique, namely the principal and teachers at the Salafiyah MI. Data collection techniques used were interviews and documentation. The data analysis component in this study is data collection, data reduction, data display and conclusion. Based on the results of the study stating that: 1) Teachers at Salafiyah MI in Cirebon City have been able to apply their social competence well, with evidence that teachers in Salafiyah MI in Cirebon City have been inclusive, acting objectively, and not discriminating against their students, other than the teachers at Salafiyah MI in Cirebon have been able to communicate effectively, empathically, and politely with fellow teachers, educators and parents of their students, teachers play an active role in activities outside of the learning held by schools and their communities, 2) The application of social competency assessment by principals in the Salafiyah MI in Cirebon City has been running simultaneously, using two types of assessments, namely formal and informal assessments, 3) Results after the assessment of teachers' social competence assessment by teacher performance can be increased, namely 78% teachers- teachers at Salafiyah MI have implemented teacher performance indicators with well. Keywords: Implementation of Teacher Social Competency Assessment by Principal, Teacher Performance.ÂFull Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSATAKA
Ahmad Ismali La Ode (2017), Konsep Penilaian Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Idaarah, Vol. I, No. 1, 133-142.
Arifin Miftahul (2018) Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik Di Smpn 2 Paciran, Tesis : Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Assidiqi Hasbi M (2012), Kompetensi Sosial Guru dalam Pembelajaran dan Pengembangannya.TA’DIB, Vol. XVII, No. 01, 61-67.
Bahrun Hasan (2017), Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem Kepemimpinan KepalaMadrasah At-Tajdid, Jurnal Ilmu Tarbiyah, Vol. 6 No. 1.
Didi dan Deni (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Ismail Ilyas. M (2010). Kinerja dan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran. VOL. 13, No.1; 4463.
Ismail Ilyas. M (2010), Kinerja dan Kompetensi Guru dalam pembelajaran. LENTERA PENDIDIKAN, VOL. 13 NO. 1:80-99.
Izzah Khoirotul (2016). Pengembangan Kompetensi Dalam Peningkatan Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Di Ngawi Tahun 2015. Skrips: Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Kartowagiran Badrun (2011), Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi).Cakrawala PendidikanNovember 2011, Th. XXX, No 3. 89-107.
Karweti Engkay (2010) Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SLB Di Kabupaten Subang. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 11 No.2 . 77-89.
Khodijah Nyayu (2013), Kinerja Guru Madrasah Dan Guru Pendidikan Agama Islam Pasca Sertifikasi Di Sumatera Selatan, Cakrawala Pendidika, Th. XXXII, No. 1, 91-102.
Muspiroh Novianti (2016). Peran Kompetensi Sosial Guru Dalam Menciptakan Efektifitas Pembelajaran ,Jurnal pendidikan Vol. 13 No.7, 102-128.
Putra Eko Widoyoko (2010), Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Jurnal Pendidikan Vol 11. No19. 88-99.
Rahmawati Yulia (2013), Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, Vol. 01 No. 01, 19-28.
Sadtyadi Heti (2014), Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Guru Sekolah Dasar Berbasis Tugas Pokok Dan Fungsi, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Tahun 18, Nomor2, 290-304.
Saragih Hasan (2008), Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar, Jurnal Tabularasa Pps Unimed, Vol.5 No.1, 23-34.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susanto Harry (2012), Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 2, 197-212.
Sobandi Ade (2010), Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru Smkn Bidang Keahlian Bisnis Dan Manajemen Di Kota Bandung. Manajerial Vol. 9, No. 17 : 25 – 34.
Iskandar Uray (2014), Kepemimpinan Kepalasekolah dalam meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal visi Ilmu Pendidikan, 1018-1027.
DOI: 10.24235/ijee.v2i1.6711
Article Metrics
Abstract view : 23 timesPDF - 10 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id