Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha Terhadap Karakter Disiplin Siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon

Siti Nuraeni(1*), Aceng Jaelani(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kedisiplinan siswa dalam proses kegiatan khususnya dalam pembiasaan Shalat Dhuha. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan yang dilakukan pada saat kegiatan berlangsung bahwa kurang optimalnya penerapan tata tertib pada kegiatan disekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembiasaan Shalat Dhuha terhadap karakter siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode expost facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik lembar angket dan dokumentasi. Sementara itu data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji analisis validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji determinasi, uji linier, uji regresi dan uji Hipotesis  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: hasil penyebaran angket pembiasaan Shaat Dhuha memperoleh prosentase sebesar 82% dengan kategori sangat baik dan hasil penyebaran angket kedisiplinan siswa memperoleh hasil prosentase sebesar 79% dengan kategori baik. Berdasarkan uji determinasi pengaruh pembiasaan Shalat Dhuha terhadap karakter siswa dalam penelitian ini memperoleh hasil sebesar 54,8% dengan kategori cukup sementara hasil uji regresi menunjukan bahwa nilai signifikansinya sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan thitung (5,825) ≥  ttabel (1.70113) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembiasaan Shalat Dhuha terhadap karakter disiplin siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon.

 

Kata Kunci: Pembiasaan, Karakter, Kedisiplinan

                                                                                                


 

 

 

 

Abstract

 

This research is motivated by low students in the process of special activities in the habit of Dhuha prayer. This can be seen from the results of observations made at the time the activities took place which were less than optimal in applying the rules of conduct at school. The purpose of this study was to learn more about habituating the Dhuha prayer to the character of students at the Salafiyah MI in Cirebon City. This research is a type of quantitative research using the post facto method. Data collection techniques used were questionnaire sheets and documentation techniques. Meanwhile the research data were analyzed using validity test, reliability test, normality test, determination test, linear test, regression test and hypothesis test. The results of this study indicate that: the results of the development of the Shaat Dhuha habituation questionnaire can produce a percentage of 82% with a very good category and the results of the questionnaire dissemination of students get a percentage of 79% with good categories. Based on the test of determination of the influence of habituation of Dhuha prayer on the character of students in this study obtained results of 54.8% with a fairly temporary category the results of regression tests showed a significance value of 0,000 5 0.05 and tcount (5,825) ≥ ttabel (1,70113) then Ho rejected and Ha accepted. Dhuha prayer towards the disciplinary character of students at Salafiyah MI in Cirebon City.

 

Keywords: Habits, Character, Discipline

 


Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sd Dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, Volume 1 Nomor 1 April 2014, .

Al-Asyqar, M. S. (2007). Tafsir Juz'amma. Saudi Arabia: Pustaka Imam Asy-Syafi'i.

E. Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakte. Jakarta: Bumi Aksara.

Fuad, A. (2018). Fiqhul Ibadah. Depok: Pt Rajagrafindo Persada.

Habibah, Z. D. (2013). Implementasi Shalat Fardhu Sebagai Sarana Pembentuk Karakter. Pendidikan Agama Islam Ta'lim Vol,11 No2 .

Hariyanto, M. S. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hayati, S. N. (2010). Manfaat Shalat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa. Sriritualita Vol 1 No 1 Juni 2010.

Hayati, S. N. (2017). Manfaat Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Xi Man Purwoasri Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015) . Sriritualita Volume 1, Nomor 1 Juni 2017.

Khoirunnisa, L. (2017). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Asmaul Husna Dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Xi Ma Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. Xiv, No. 1, Juni 2017 , 58-59.

Kurniawan, M. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Batusangkar. Jurnal Al-Fikrah, Vol. Iv, No. 2, , 148-149.

Marzuki. (2017). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah Imprint Bumi Aksara.

Mulyasa. (2001). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Paragonatama Jaya.

Mutakin, T. Z. (2014). Penerapan Teori Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa Di Tingkat Dasar. Edutech, Tahun 13, Vol.1, No.3, Oktober 2014 , 368-370.

Mutakin, T. Z. (2014). Penerapan Teori Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Edutech , 366 -368.

Noor, J. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Santosa, A. D. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membangun Kemandirian Dan Kedisiplinan Siswa. Didaktika Religia , Volume 2 No 1.

Saripudin, K. &. (2017). Pendidikan Karakter. Bandung: Pt Refika Aditama.

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Sugiharto Rahmat, D. S. (2017). Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Islami Siswa Melalui Metode Pembiasaan,. Bandung: Vol. 01, No. 01, Februari 2017.

Suhardi. (2010). Panduan Pendidikan Karaker. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiyani, N. A. (2103). Membumikan Pendidikan Karakter Di Sd; Konsep, Praktik Dan Strategi. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Wuryandani, W. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan , Th. Xxxiii, No. 2.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan . Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zaman, B. (2010). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pelaksanaan Shalat Dhuha. Jakarta: Bumi Aksar.

Zubaidi. (2013). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.




DOI: 10.24235/ijee.v2i1.6709

Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF - 7 times PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â