PENGARUH LINGKUNGAN MADRASAH SATU KOMPLEKS TERHADAP PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA DI MI AL HIDAYAH GUPPI KOTA CIREBON

Patimah Patimah(1*), Mela Dwi Citra(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Perilaku sopan santun siswa dipengaruhi oleh lingkungan sekolah atau madrasah. Akan tetapi, masih terdapat beberapa siswa-siswi SD/MI yang belum mencerminkan perilaku sopan santun tersebut. Munculnya masalah ini dikarenakan kurang kesadaran siswa bagaimana berbicara yang baik terhadap orang lain, menghormati guru, mengucapkan terima kasih serta meminta izin untuk keluar atau masuk kelas. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui dan memperoleh data mengenai lingkungan madrasah satu komplek (MI, MTs, SMK), (2) untuk mengetahui dan memperoleh data mengenai perilaku sopan santun siswa Madrasah Ibtidaiyah Guppi Kota Cirebon, (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan madrasah satu komplek (MI, MTs, SMK) terhadap perilaku sopan santun siswa di MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon. Dalam penelitian  ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain expost facto. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sampel yang diambil dari penelitian ini berjumlah 26 siswa, pengambilan sampel ini menggunakan sistematik random sampling. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan melakukan uji regresi dan uji hipotesis (uji t).Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa (1) lingkungan madrasah satu komplek (MI, MTs, SMK) berada pada kategori kuat dengan jumlah persentase sebesar 63%. (2) perilaku  sopan santun siswa berada pada kategori cukup dengan jumlah persentase sebesar 41%, (3) Pengaruh lingkungan madrasah satu komplek (MI, MTs, SMK) terhadap perilaku sopan santun siswa sebesar 24,2%. Hal ini terbukti berdasarkan uji determinasi (R Square) sebesar 0,242 yang mengandung pengertian bahwa Pengaruh lingkungan madrasah satu komplek (MI, MTs, SMK) terhadap perilaku sopan santun siswayaitu sebesar 24,2% sedangkan 75,8 % dipengaruhi oleh faktor lain yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat tempat tinggalnya.

 

Kata Kunci: Lingkungan madrasah satu kompleks, Perilaku sopan santun siswa

                                                                                                

 


ABSTRACT

 

Behavior manners are important elements in the daily social life of each person, because the show courtesy of behavior one can groove to its existence as social beings wherever they sit. Manners can provide many benefits or good effect against oneself or others. Courtesy student behavior is influenced by the environment of the school or madrassa. However, there are still some students of SD/MI who do not yet reflect the behavior manners. The emergence of these problems due to lack of awareness of students how to speak well of others, respect for teachers, to thank you and ask for permission to exit or enter the classroom. This study aims to (1) to determine and obtain data about the environment of the complex madrasa (MI, MTs, SMK), (2) to determine and obtain data about the behavior manners Elementary School students Guppi Cirebon, (3) to determine how much influence the environment madrasa complex (MI, MTs, SMK) to behavior manners student at MI Al-Hidayah Guppi Cirebon. In this study, using a quantitative approach to the design of ex post facto. The data collection techniques used are questionnaires and documentation. Samples taken from this study amounted to 26 students, this sampling using systematic random sampling. Data from this study were analyzed to test the validity, reliability test, normality test, determination, linearity test, correlation, homogeneity test, regression and hypothesis testing (t test). Research shows that (1) a complex environment madrasah (MI, MTs, SMK) are in the strong category with the percentage of 63%. (2) behavioral manners of the students were in the category enough with the percentage of 41%, (3) Environmental effects of the complex madrasah (MI, MTs, SMK) students on behavior manners of 24.2%. This is proven by the test of determination (R Square) of 0.242 which implies that the environmental effects of the complex madrasa (MI, MTs, SMK) to behavior manners siswayaitu of 24.2%, while 75.8% are influenced by other factors, namely the family environment and the community where he lives.

 

Keywords: Environment madrassa complex one, Behavior manners student


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arsana, D. w. (2014). Peran Keluarga dalam Membina Sopan Santun Anak di Desa Galis Kabupatem Pamekasan. Kajian Moral dan Kewarganegaraan , 1 (2), 295.

Bimo, w. (2003). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI.

Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan . Bandung: PT Rosda Karya.

Digdoyo, E. (2015). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Gerungan. (2010). Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Irawan, D. (2018). Daya Pikat Guru. Jakarta: Zakrul Hakim.

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Ilmu Pengetahuan Sosial , 1 (1), 67-68.

Notoatmojo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan . Jakarta: Rineka Cipta.

Rahman, A. A. (2013). Psikologi Sosial, Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Depok: Rajawali Pers.

Redah, E. (2013). Hubungan Antara Hasil Belajar PKN dengan Perilaku Sopan Santun Terhadap Siswa Kelas V dan VI SDN 118 Bengkulu Selatan. Ilmiah Universitas Bengkulu , 1 (1), 1-10.

Ridha, S. A. (2004). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Sekolah Terhadap Perilaku Siswa. Tarbawi , 1 (1), 3.

Rosita, I. (2015). Upaya Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama. Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling , 1 (1), 64-65.

Suharti. (2004). Pendidikan Sopan Santun dan Kaitannya Dengan Perilaku Berbahasa jawa mahasiswa. Yogyakarta: FPBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sukmadinata, N. S. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suryani, L. (2017). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. Mitra Pendidikan , 1 (1), 112.

Tomahayu, S. (2013). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Bermain Peran Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa Di MTs Al Huda Teluk Dalam 12 Gorontalo. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Wirawan, S. (2003). Psikologi dan Perkembangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan . Jakarta: Kencana.

Zuriah, N. (2011). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: 10.24235/ijee.v2i1.6394

Article Metrics

Abstract view : 23 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â