Korelasi antara Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran SKI Kelas III Madrasah Ibtidaiyah
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Belajar sejatinya mengakibatkan terjadinya perubahan pada diri orang yang belajar. Tentunya dalam proses belajar akan terjadi hasil belajar. Hasil yang diperoleh oleh siswa kelas 3 berbeda-beda, karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah kurangnya kesiapan belajar, minat belajar, dan kondisi fisik untuk mengikuti pembelajaran, kurangnya fasilitas belajar. Rendahnya hasil belajar kemungkinan dilihat dari kurangnya kesiapan belajar dengan kurangnya kesiapan belajar siswa memperoleh nilai pada ulangan harian semester ganjil tahun 2017 kurang dari KKM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan belajar dengan hasil belajar. (1) untuk mengetahui korelasi kesiapan belajar siswa kelas III di MI Miftahul Huda Soga Indramayu, (2) untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran SKI siswa kelas III di MI Miftahul Huda Soga Indramayu, (3) untuk mengetahui korelasi antara kesiapan belajar dengan hasil belajar mata pelajaran SKI siswa kelas III di MI Miftahul Huda Soga Indramayu.Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar yaitu: kesiapan fisik, kesiapan psikis, kesiapan materiil dan Faktor-faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar yaitu faktor internal dan external.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah responden 21 siswa yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Sesuai dengan judul, lokasi tempat penelitian adalah MI Miftahul Huda Soga Indramayu. Metode pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi dengan desain penelitian kuantitatif. Skor kesiapan belajar adalah 1305/1680 x 100% =78%. Sedangkan skor hasil belajar SKI mean 70,57. Median 71, Mode 66 nilai minimal dan maksimal 63/78 jumlah total 1482 dengan nilai kesiapan belajar dengan hasil belajar sebesar 0,809.keseluruhan nilai korelasi 0,800 sampai 0,999 jadi korelasi kesiapan belajar siswa dengan hasil belajar sangat kuat.
Â
Kata kunci : Kesiapan Belajar, Hasil Belajar
Â
Â
Â
Â
Abstract
True learning results in a change in the person learning. Of course in the learning process will result learning. The results obtained by third graders vary, because many factors influence it. One is the lack of learning readiness, interest in learning, and physical conditions to follow the learning, lack of learning facilities. The low learning outcomes are likely to be seen from the lack of learning readiness. With the lack of readiness students gain scores on the daily repeat of the odd semester of 2017 less than KKM.
This study aims to determine the readiness of learning with learning outcomes. (1) to know the correlation of readiness of third grade student in MI Miftahul Huda Soga Indramayu, (2) to know the result of learning of the third grade student of SKI in MI Miftahul Huda Soga Indramayu, (3) to know correlation between readiness of learning and learning result Subjects SKI class III students in MI Miftahul Huda Soga Indramayu.Faktor affecting the readiness of learning are: Physical readiness, psychological readiness, material readiness and Factors that affect Learning Outcomes are internal and external factors.
This study uses quantitative method, with the number of respondents 21 students taken by using purposive sampling method. In accordance with the title, the location of the research site is MI Miftahul Huda Soga Indramayu. Methods of data collection using questionnaires and documentation with quantitative research design. The study readiness score is 1305/1680 x 100% = 78%. While the score of learning outcomes SKI mean 70.57. Median 71, Mode 66 minimum value and maximum 63/78 total 1482 with the value of readiness to learn with learning outcomes of 0.809.overall correlation value of 0.800 to 0.999 so the correlation of readiness to learn students with very strong learning outcomes.
Keywords: Learning Readiness, Learning Outcomes
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. (2011). Dasar–dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Nurul, Azmi. (2015). Model Pembelajaran Inside Outside Circle (Ioc)) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran.Jurnal Al-Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Vol 2 No 2, Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/189/170. Diakses pada hari Rabu, 14 Juni 2017 Pukul. 20:00
Slameto. (2010:113). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2016). Teori belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
DOI: 10.24235/ijee.v1i1.5415
Article Metrics
Abstract view : 59 timesPDF - 8 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id