PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH
(1) IAIN Syekh Nurjati
(2) IAIN Syekh NurjatiCirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Â
Abstrak
Salah satu pendidikan pertama yang di peroleh seorang anak adalah pendidikan keluarga. Akan tetapi, hingga saat ini orang tua masih belum paham akan pentingnya kecerdasan emosional pada anak. Sehingga anak kurang kecerdasan emosionalnya. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan pola asuh demokratis orang tua, (2) untuk mendeskripsikan kecerdasan emosional siswa, (3) untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa kelas V di MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantatif dengan desain expost facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sementara itu sampel berjumlah 31 responden. Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis orang tua di MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon sebesar 87% itu kategori sangat kuat. Kemudian untuk kecerdasan emosional siswa kelas V di MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon sebesar 70% itu kategori kuat dan pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa kelas V di MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon sebesar 51,6% dengan taraf signifikan 0,000 ini mendandakan bahwa terdapat pengaruh signifikan pola asuh demokratis orang tua antara kecerdasan emosional siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh demokratis orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa kelas V di MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon.
Kata Kunci : pola asuh, demokratis, kecerdasan emosional.
Â
Abstrack
One of the first education a child gets is family education. However, until now parents still do not understand the importance of emotional intelligence in children. So that children lack emotional intelligence. This study aims: (1) to describe the democratic parenting of parents, (2) to describe students' emotional intelligence, (3) to describe how much influence the democratic parenting parents have on the emotional intelligence of fifth grade students at Guppi City Al-Hidayah MI Cirebon. This research is a quantitative research with post facto design. The technique of collecting data uses a questionnaire. Meanwhile the sample amounted to 31 respondents. Analysis of research data using regression analysis. The results showed that the democratic parenting style of parents in MI Al-Hidayah GuppiCirebon City at 87% was a very strong category. Then for the emotional intelligence of fifth grade students in MI Al-Hidayah Guppi Cirebon City of 70%, the strong category and the influence of democratic parenting parents on the emotional intelligence of fifth grade students in MI Al-Hidayah Guppi Cirebon City were 51.6% with a significant level 0,000 indicates that there is a significant influence of democratic parenting between students' emotional intelligence. So that it can be concluded that there is a positive and significant influence between democratic parenting parents on the emotional intelligence of fifth grade students at Al-Hidayah Guppi MICirebon City.
Keywods: parenting, democratic, emotional intelligence
References
DAFTAR PUSTAKA
Laura, King. A (2013). Psikologi Umum. Jakarta: Salemba Humanika.
Achmad, I. F. (2010). Hubungan Tipe Pola Asuh Orang Tua Dengan Emotional Quotient Pada Anak Usia Prasekolah Di TK Islam Al-Fattaah Sumampir Purwokerto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirman, 5(1), 47-57.
Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan. Bandung: Rosdakarya.
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Eka Tusyana, T. S. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Tercapai Siswa Usia Dasar. Jurnal Inventa, 3(1), 18-26.
Fatma, N. (2018). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan. Bandung: Pemikiran Keislaman.
Fitria, N. (2016). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mendidik Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Aspek Budaya Lampung. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 99-115.
Gitosaroso, M. (2012). Kecerdasan Emosi (Emotional Intelegenci) Dalam Tasawuf. Journal Of Islamic Studies, 2(2), 182-200.
Iis Suwanti, H. S. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Mental Emosional Pada Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun). Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 8(1), 20-29.
Latifah, U. (2017). Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar . Jurnal of Multidisciplinary, 1(2), 186-196.
Maghfiroh, L. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas IV SDN Grogo Selatan 01.Skripsi: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Mayasari, R. (2013). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar Program Fullday. Skripsi: Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Nawali, A. K. (2018). Hakikat, Nilai-nilai dan Strategi Pembentukan Karakter (Akhlak) dalam Islam. Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam.
Nisha Pramawaty, E. H. (2012). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Konsep Diri Anak Usia Sekolah (10-12 Tahun). Jurnal Nursing Studies, 1(1), 87-92.
Nurafni. (2013). Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) dengan Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Emosional, 3(1), 33-44.
Robbiyah, D. E. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu Terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini Di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi Anak Usia Dini, 2(1), 76-84.
Septiani, W. (2107). Hubungan Pola Asuh Demokratis Dan Konsep Diri Terhadap Perkembangan Kecerdasan Emosional. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(3), 22-26.
Siti Nur Maemunah, A. S. (2016). (PARENTING EDUCATION) Sebagai Pendidikan Keluarga . Paradigma, 4(1), 1-10.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2018). Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung: ALFABETA.
Triabingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Sekolah Dasar. Al-Ibtida.
Umar, T. (2011). Pengaruh Outbond Training Terhadap Kepemimpinan Rasa Percaya Diri Kepemimpinan Dan Kerjasama Tim. Jurnal Ilmiah, 11(3), 31-35.
Vinayastri, A. (2015). Pengaruh Pola Asuh (PARENTING) Orang Tua Terhadap Perkembangan Otak. Jurnal Ilmiah WIDYA, 3(1), 33-42.
Yulianingsih, W. (2018). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Terhadap Kecerdasan Emosional (Keterampilan Sosial) Siswa Kelas VII SMP IT NURUSSHIDDIIQ Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon.Skripsi: IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
DOI: 10.24235/ijee.v1i1.5403
Article Metrics
Abstract view : 79 timesPDF - 12 times PDF - 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id