Pengaruh Pola Asuh Permisif dari Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah
(1) iain syekhnurjati cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak                                                           Â
Kewajiban orang tua diantaranya untuk membimbing serta mengarahkan anak. Namun masih ada orang tua siswa yang kurang peduli terhadap pendidikan anak. Siswa dengan orang tua yang kurang peduli dalam pendidikan anak cenderung memiliki prestasi belajar yang rendah. Namun kenyataannya siswa kelas IV di MIN Kota Cirebon memiliki prestasi belajar yang cukup baik terutama pada pelajaran al-qur’an hadits. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola asuh permisif dari orang tua, untuk mengetahui prestasi belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh pola asuh permisif dari orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV berjumlah 60 orang dan sampelnya berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan respon siswa terhadap pola asuh permisif dari orang tua sebesar 80% tergolong pada kategori kuat. Prestasi belajar siswa mata pelajaran al-qur’an hadits di peroleh nilai rata-rata sebesar 69,6. Pengaruh pola asuh permisif dari orang tua diketahui nilai signifikan sebesar 0,000. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 dan thitung (6,071) lebih besar dari ttabel (2.10982) maka H0 ditolak artinya bahwa ada pengaruh pola asuh permisif dari orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadits kelas IV di MIN Kota Cirebon. R Square dalam hal ini 67,2%, dapat diartikan bahwa 67,2% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pola asuh permisif dari orang tua sedangkan sisanya 32,8% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Pola Asuh Permisif dari Orang Tua, Prestasi Belajar.
Â
Â
Â
Abstract
Obligation of parents to guide and direct them children. But there are still parents who are less concerned about the education of children. Students with parents who are less concerned about the education of children tend to have lower educational achievement. But in reality the fourth grade students in the city of Cirebon MIN has a pretty good learning achievement, especially on the lessons quran hadith. The purpose of this study to determine permissive parenting from their parents, to determine student achievement, and to determine the effect of permissive parenting of parents on student achievement. This research is a quantitative method of ex postfacto.The sampling technique usingtechnique. simple random sampling The population is all the fourth grade students of 60 people and a sample of 20 people. The technique of collecting data using observations, questionnaires and documentation. The data were analyzed with simple regression test. The results showed the students' response to the permissive parenting of parents by 80% belong to the strong category. Student achievement subjects quran hadith obtained an average value of69.6.Effect of permissive parenting of parents known significant value of 0.000. Because of the significant value less than 0.05 and t (6.071) is greater than ttable (2.10982) then H0 is rejected means that permissive parenting is no influence of parents on student achievement in the subjects quran hadith MIN class IV in the city of Cirebon. R Square in this case 67.2%, 67.2% means that student achievement is affected by the permissive parenting of parents while the remaining 32.8% is influenced by other factors.
Keywords: Permissive Parenting of Parents, Learning Achievement.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Dariyo, Agoes. 2004. Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia Cet. XII
Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Hurlock, Elizabeth B. 2000. Perkembangan Anak Jilid 2. Terj. Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga
Lestari, Sri. 2013. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana
Nur’aeni, dkk. 2015. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Unindra Press
Puadah, Anis. 2015. Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Cimohong 02 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Jurnal Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI (Vol. 2 No. 1). (https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/178) di akses Rabu 03 Mei 2017 Pukul 21.10 WIB
Riduwan dan Sunarto. 2007. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Syaefudin, Moh. Romli. 2014. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VI di SD Negeri 3 Kedungbunder Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Cirebon
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo
Yusuf, Syamsu. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya
DOI: 10.24235/ijee.v1i1.5402
Article Metrics
Abstract view : 47 timesPDF - 8 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id