Studi Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Time Teams Game Tournament (TGT) dan Tipe Picture and Picture Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V MIS Islamiyah Kendal Kabupaten Cirebon

Uswatun Nisa(1*), Dwi Anita Alfiani(2), Nur Atikoh(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe Picture and Picture terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V MIS Islamiyah Kendal Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian the non-equivalent control grup design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 29 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu uji normalitas data, uji homogenitas varians, uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT diperoleh hasil rata-rata senilai 61%, kemudian mengalami peningkatan menjadi 77%.  Sedangkan minat belajar siswa kelas kontrol menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture diperoleh hasil rata-rata senilai 59%, kemudian mengalami peningkatan menjadi 76%. Dilihat dari hasil uji-t (Independent Samples T-Test) diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,855 ≥ α (taraf signifikansi) 0,05, dengan kata lain H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian, disimpulkan bahwa “Tidak terdapat perbedaan atau perbandingan secara signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe Picture and Picture dalam mengkaji minat belajar siswaâ€. Kedua model tersebut dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V MIS Islamiyah Kendal, namun minat belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi dari pada model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture.


Keywords


Kooperatif Tipe Teams Game Tournament, Picture and Picture, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Astuti, L. S. (2017). Penguasaan Konsep IPA Ditinjau dari Konsep Diri dan Minat Belajar Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 40–48. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1293

Ayu Wahyuni, N. L., Bawa Atmaja, N., & Kertih, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Kesuma Sari Denpasar. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 2(2), 59–65. https://doi.org/10.23887/pips.v2i2.2890

Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341–1348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.888

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. Jambura Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136

Maulidina, Z., Nuriman, & Hutama, F. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media TTS Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 141–147. type of investigation group, creativity, learning outcome.

Mutia. (2021). Characteristic Of Children Age Of Basic Education. Fitrah, 3(1), 114–131.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., Sifa, U. N., & Tangerang, U. M. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.

Ratnasari, N. Y., & Ansori, Y. Z. (2020). Pengaruh Model Cooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di SDN Gandu 1 Tahun Ajaran 2020/2021. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 229–235.

Sanjaniasih, N. M. D., Sedana, I. M., & Tristaningrat, M. A. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Media Kartu Bilangan Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/22043

Shoimin, A. (2013). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. In Ar-Ruzz Media (pp. 207–208).

Van Wyk, M. M. (2011). The Effect Of Teams Games Tournaments On Achievement, Retention, And Attitudes Of Economic Education Stundents. The Journal Of Social Science, 26(3), 183–193.

Wigatiningsih. (2012). Penerapan Metode Picture and Picture Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Sidomulyo Ampel Boyolali. In Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wulandari, P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Terhadap Minat Belajar Pada Subtema Jenis-jenis Pekerjaan di Kelas IV SDN Pakis V Surabaya. Skripsi: Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Yunitasari, R., Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.




DOI: 10.24235/ijee.v5i1.14829

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â