Analisis Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimun Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di MIS Islamiyah Kendal Kabupaten Cirebon
(1) PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini didasari oleh permasalahan bahwa program Asesmen Kompetensi Minimum belum dilaksanakan secara optimal dan guru di MIS Islamiyah Kendal Kabupaten Cirebon belum memahami program Asesmen Kompetensi Minimum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MIS Islamiyah Kendal Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber informannya terdiri dari kepala sekolah, operator, wakil bidang kurikulum, dan 2 orang siswa yang mengikuti Asesmen Kompetensi Minimum. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dari penelitian ini, yaitu mereduksi data, penyajian data mengenai seluruh informasi pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, yaitu (1) MIS Islamiyah Kendal Kabupaten Cirebon telah melaksanakan Asesmen Kompetensi Minimum secara mandiri (2) Kendala pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum yaitu tidak adanya ruang komputer, kurangnya media mengenai program penguatan literasi membaca dan numerasi, Guru kelas V belum memamahamit program Asesmen Kompetensi Minimum. Solusi dalam mengatasi kendala tersebut yaitu dengan mengadakan program pojok baca di kelas, mengadakan program gerakan literasi sekolah dan juga guru dapat mengikukuti seminar Asesmen Kompetensi Minimum (3) Hasil Asesmen Kompetensi Minimum di MIS Islamiyah Kendal Kabupaten Cirebon masuk kedalam kategori peringkat bawah. Capaian siswa pada kompetensi literasi membaca masuk peringkat menengah bawah 41-60%. Sedangkan hasil capaian numerasi masuk peringkat paling bawah 81-100%. Maka pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum di MIS Islamiyah Kendal Kabupaten Cirebon belum terlaksana secara optimal serta harus dilakukan perbaikan pembelajaran di kelas.
ÂKeywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Z. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar (F. Sumarto (ed.); cetakan ke 1). Penerbit Buku Literasiologi.
Deviana, T., Fitri, D., & Aini, N. (2022). Learning Progression Guru Sekolah Dasar dalam Pengembangan Konten Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Tyas Deviana 1 , Dian Fitri Nur Aini 2 . 6(1), 1285–1296.
Hannah, K., George, B., Elizabeth, F., Kirsteen, H., & Ruochen, L. R. (2019). OECD Reviews of Evaluation and Assessment in Education: Student Assessment in Turkey. OECD Publishing. https://books.google.co.id/books?id=Jr-tDwAAQBAJ
Hasanah, M. (2021). Analisis Kebijakan Pemerintah Pada Assesmen Kompetensi Minimum ( Akm ) Sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional ( UN ). 1(3), 252–260.
Janice, A. (2015). Studi Tentang Pelaksanaan Tugas Dan Fungsi Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa ( Bpmd ) Dalam Pembangunan Desa Di Desa Tanjung Lapang Kecamatan Malinau Barat Kabupaten Malinau. 3(3), 1460–1471.
Kartikasari, E. (2022). Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Gerakan Literasi Sekolah. 6(5), 8879–8885.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, D. T. (2022). Prosedur Operasional Standar Pelaksanaan AN. 27 MARET 2022, 021.
Khasanah, M., & Putri, A. M. (2021). Universitas Muhammadiyah Kotabumi.
Khotimah, K., Akbar, S., & Sa, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. 1488–1498. Meriana, T., Murniarti, E., Kanaan, S. D., & Indonesia, U. K. (2021). Analisis Pelatihan Asesmen
Kompetensi. 14(2), 110–116.
Nelson Sihaloho. (2020). AKM dan Pengembangan Mutu Pendidikan. https://bungonews.net/2020/11/28/akm-dan-pengembangan- mutu-pendidikan/
Patimah. (2016). Patimah, Pendidik dalam Pengembangan Kurikulum. 3(1), 147–161.
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385
Programme for International Student Assessment. (2018). Belajar dari Hasil PISA 2018 Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian Dan Pendidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan 2018. 021.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2022). Aplikasi Asesmen Kompetensi Minimum. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/akmkelas/post/download/desktop
Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar untuk Siswa. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Saleem, A. (2021). The Relationship of Curriculum, Teaching Methods, Assessment Methods, and School and Home Environment with Learning Difficulties in English Language from the Students’Perspectives. Technium Social Sciences Journal, 23, 285–295. https://doi.org/https://doi.org/10.47577/tssj.v23i1.4117
Satriani, N. L. (2021). Kupas Tuntas Soal AKM Numerasi: Siap Hadapi Asesmen Nasional 2022.
Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=lSxTEAAAQBAJ
Syamsuddin, F. (2022). Pembelajaran Berbasis Neurosains Blueprint Pelaksanaan Model “Model Pembelajaran Hypnohappy.†Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=ZHd6EAAAQBAJ
Triwiyanto,T.(2021).Pengantar Pendidikan. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=grgmEAAAQ BAJ
DOI: 10.24235/ijee.v5i2.14493
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id