PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH

Aura Maulida Rachma(1*), Syibli Maufur(2), Inayatul Ummah(3),


(1) PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat bagaimana pengaruh pembelajaran word square terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain True Experimental dengan Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua siswa kelas IV MI Al Washliyah dengan total 106, dan sampel terdiri dari 20 siswa kelas IVA dan 27 siswa kelas IVB. Data dikumpulkan melalui observasi terhadap siswa dan guru, dilanjutkan dengan tes yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda, termasuk dalam kriteria soal C1. Uji validitas butir soal digunakan untuk memvalidasi pertanyaan, dan semuanya dikatakan valid dan reliabel. Data dianalisis dengan menggunakan uji analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan hasil uji t, penggunaan model pembelajaran word square memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa, dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Implementasi model pembelajaran ini dapat diterapkan pada mata pelajaran apapun. 

Keywords


word square, kosakata, pembelajaran bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744

Kurniasih, I. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.

Lestari, Y., Suyanto, I., & Suryandari, K. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Word Square dalam Peningkatan Motivasi dan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD. KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN, 04(03).

Linse, A. S. (2002). Practical English Language Teaching Young Learner. The McGraw Hill Companies.

Nation, I. S. P. (1990). Teaching & Learning Vocabulary. Newbury House.

Noviana, S. W., & Fuadi Rahman, A. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Word Square dengan Bantuan Alat Peraga pada Materi Geometri. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v1i1.578

Rikmasari, R., Budianti, Y., & Islam, U. (2019). Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Circuit Learning Pada Siswa Kelas III Di SDN Jatimukya 03 Bekasi. Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.36706/jisd.v6i2.10339

Rinjani, C., Wahdini, F. I., Mulia, E., Zakir, S., & Amelia, S. (2021). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2), 52–59. https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2.102

Rusmidah, Y., Suhartono, & Kartika. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Word Square dalam Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD. KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN, 01(04). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1418786

Salsabila, R., Saputra, E. R., & Indihadi, D. (2022). Application Of Word Square and Scramble Sentence Learning Model to Improve English Vocabulary for Elementary School Students. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 18(2), 74–82. https://doi.org/10.33633/lite.v18i2.5713

Santoso, I., & Andriyadi, A. (2019). The Use Of My Dictionary Application To Improve Students’ Vocabulary Mastery. ELTIN JOURNAL, Journal of English Language Teaching in Indonesia, 7(1), 35. https://doi.org/10.22460/eltin.v7i1.p35-42

Susanthi, I. G. A. A. D. (2020). Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 64–70. https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2658.64-70

Syahadati, E., Putra, M. I. R., Darajat, A., & Sari, D. S. (2019). Pengembangan Media Word Square Dalan Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 10. https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i1.1130

Thornbury, S. (2002). How to Teach Vocabulary. Longman.

Toding, D. T. (2019). Penerapan Model Word Square Untuk Meningkatakan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Siswa SD Negeri 253 Inpres Peta Kecamatan Kurra Kabupaten Tana Toraja. 2(2).

Tri Widyahening, C. E., & Rahayu, M. S. (2021). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Cerita Rakyat bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 108. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.913

Widiyarto, S. (2017). Peningkatan Reading Comprehension Siswa SD Melalui Penggunaan Media Kamus Bergambar Bahasa Inggris. Jurnal Basicedu, 01, 73–78.




DOI: 10.24235/ijee.v5i2.13714

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â