Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa kelas IV MI pada Materi Sumber Energi dan Perubahnnya

Hilma Fauziah(1*), Aceng Jaelani(2), Heru Mudiyanto(3),


(1) PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh media video pembelajaran terhadap kemampuan ranah kognitif siswa kelas IV MI berkaitan dengan sumber energi dan perubahannya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuasi eksperimental dan desain nonequivalent control group design. Populasi peteliannya siswa kelas IV MI Al Wahliyah Perbutulan yang berjumlah 106. Sampel yang digunakan  adalah seluruh siswa kelas IV B dengan jumlah 27 siswa dan kelas IV A berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Angket yang diterapkan dalam penelitian berupa skala likert dengan 10 pernyataan, dan tes yang berjumlah 9 soal pilihan ganda dengan kriteria soal terdiri dari 3 tingkatan yaitu, C3 (menerapkan), C4 (menganalisis), dan C5 (mengevaluasi). Instrumen ini sudah divalidasi menggunakan exspert judgement 2 orang yang ahli dibidangnya. Dalam penelitian ini digunakan test uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t sebagai prosedur analisis data, berlandaskan temuan analisis data dengan uji t media video pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan kognitif sswa . Hal ini diliihat dari  signifikan 0,000 < 0,05.


Keywords


Kemampuan kognitif, video pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Afriati. (2021). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Keaktifan Dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V Pada Tema 5 Di Sekolah Dasar. April, 1–93.Afriati. (2021). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Keaktifan Dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V Pada Tema 5 Di Sekolah Dasar. April, 1–93.

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafimdo Persada.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video. Al Ibtida, 3(20), 116–137.

Fadlah, A., & Syamsi, A. (2022). Ijee 1 (1) 2022 Pengaruh Metode Cooperative Script Terhadap Kemampuan Analisis (C4) siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV di SD. 1(1).

Huda, N. (2015). Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran Terhadap Hasi Belajar Kognitif Muatan Bahasa Iindonesia Pada siswa kelas IV SD negeri 1 Jetis Bantul Yogyakarta. Skripsi, 16(1994), 1–37.

Khairani, M., Sutisna, & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. 2(1), 11.

Khumaeroh, A., Nurhayati, T., & Jaelani, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berupa Kartu Domino Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Penggolongan Hewan Kelas Iv Mi Wathoniyah Babadan Cirebon Tahun 2020 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , Study Aims To ; Develop. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research, 02(01), 99–119.

Mariyati, Y. (2021). Tingkat keaktifan dan kemampuan kognitif siswa melalui penggunaan video pembelajaran. 4(1), 27–31.

Nabilah, M., Sitompul, S. S., & Hamdani, H. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Momentum Dan Impuls. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 1. https://doi.org/10.26418/jippf.v1i1.41876

Nur Assyifa, F., Rohita, & Nurfadilah. (2020). PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL WARNA Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Al-Azhar Indonesia. 15(2), 137–146.

Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47.

Qurrotaini, L., Sari, T. W., & Sundi, V. H. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, E-ISSN: 27, 7.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Suhhaida, D., & Rohana, S. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Siantan Kabupaten Mempawwah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2), 49–60.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 1–11.




DOI: 10.24235/ijee.v5i2.13712

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â