PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MI

Nur Umi Najiizun(1*), Tamsik Udin(2), Idah Faridah Laily(3),


(1) PGMI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(2) PGMI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(3) PGMI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran audio-visual Mind Mapping pada pembelajaran tematik di kelas III, hasil belajar pada pembelajaran tematik di kelas III, dan pengaruh penggunaan media pembelajaran audio-visual berbasis Mind Mapping terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas III MI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode pre-experimental dan desain one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena mengambil seluruh siswa kelas III A berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen tes ini berupa tes objektif menggunakan pilihan ganda sebanyak 15 soal. Instrumen ini sudah divalidasi dengan tingkat kesukaran termasuk kriteria soal sedang yang menunjukkan bahwa soal layak digunakan. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa observasi penggunaan media pembelajaran audio-visual berbasis Mind Mapping memperoleh rata-rata 93,75% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 62,54, sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 90,00. Hasil uji hipotesis dengan uji-t (Paired Samples T-Test) menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,326 > 0,05, disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada pengaruh media pembelajaran audio-visual berbasis Mind Mapping terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas III di MI Al Washliyah Perbutulan.

Keywords


Media Pembelajaran Berbasis Mind Mapping, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Almainah, Ulva, R., & Hader, A. E. (2021). Pengaruh Media Audio-visual Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SDN 06 Sitiung Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya dan Gerak. Innovative: Journal of Social Research, 1, 55–60.

Arifin, M. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Psikomotorik IPA Siswa Kelas IV Sd Negeri 01 Kandangmas. Jurnal Guru Kita, 2(September), 1–23.

Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio-visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD Undiksha, 141–148.

Faishol, R., & Mashuri, I. (2021). Pengaruh Media Audio-visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 2 MI Tarbiyatus Sibyan Srono. Incare: International Journal of Educational Resources, 01(06).

Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 1–16.

Jannah, A. R., Rahmawati, I., & Reffiane, F. (2020). Keefektifan Model PBL Berbantu Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 342–350.

Ninawati, M., Rahmiati, & Wahyuni, N. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Audio-visual Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Pademangan Barat 11 Jakarta Utara. Tanggap: JUrnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 64–73.

Nurparida, & Srirahayu, E. (2021). Efektivitas Media Audio-visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTS. Al Yusufiah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v5i1.1628

Puspita, A., & Nurmairina. (2022). Analisis Penerapan Media Audio-visual Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 101966 Pertangguhan. EduGlobal : Jurnal Penelitian Pendidikan, 01, 131–138.

Rahmasari, N. S., & Mubarok, R. (2022). Penerapan Media Audio-visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Al Manam : Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 2(2), 65–74.

Sari, Y. P. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Alat Pernapasan pada …. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3591%0Ahttp://repository.iainbengkulu.ac.id/3591/1/YESI PUSPITASARI.pdf

Sjam, D. A., & Maryati, T. (2019). Pengaruh Media Audio-visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: 10.24235/ijee.v5i2.13710

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â