ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MI DARUL HIKMAH KOTA CIREBON

Ika Merdekawati(1*),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Kompetensi Pedagogik merupakan kompetensi utama yang harus dikuasai guru agar proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan dinamis. Sedikitnya guru yang kurang menguasai kompetensi pedagogik akan berpengaruh pada proses pembelajaran yang terjadi. Sehingga akan berpengaruh terhadap efektifitas belajar siswa, termasuk kurangnya motivasi belajar pada siswa. Oleh karena itu, pentingnya guru untuk memiliki kompetensi pedagogik pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Komptenesi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas IV MI Darul Hikmah Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yaitu Waka Kurikulum, Guru mata pelajaran IPS, dan 6 Siswa kelas IV. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi pedagogik yang dimiliki guru cukup baik, yang mana dapat ditinjau dari kondusif dan interaktifnya kelas pada saat pembelajaran, serta tercapainya tujuan dari pembelajaran. Kemudian untuk motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS cukup baik, yang mana pada saat pembelajaran berlangsung siswa antusias dalam merespon guru. Hal tersebut dapat dipahami bahwa, adanya kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar IPS siswa terlebih guru mempunyai keunggulan dalam memahami karakteristik siswa.


Keywords


Kompetensi Pedagogik, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Darojah, N, R., & Hadijah, H, S,. Analisis Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Motivasi Belajar Terhadap Prstasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Volume 1, No 1. 2016.

Emda, A. (2017). kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida, Vol. 5, 93–196.

Hamzah, H. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Junwinanto (ed.); 1st ed.). PT Bumi Aksara.

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. 5(2).

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurhalimah, Baisa Hidayah, A. S. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MI I’anatusshibyan Nurhalimah – Hidayah Baisa – Salati Asmahasanah Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia. 1(1), 29–41.

Sri Novianti, S., & Saeful Anwar, A. (2022). Analisis Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas Iii Sdn 3 Cileuya. Jurnal Lensa Pendas, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.33222/jlp.v5i1.1617

Sudarwan, D. (2011). Pengembangan Profesi Guru: Dari Pra-Jabatan, Induksi, Ke Profesional Madani. Jakarta: Kencana.

Susanto, Ratnawati; Asmi Rozali, Y. (2020). Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik: Teori, Konsep dan Konstruk pengukuran. (yanita nur indah Sari (ed.); 1st ed.). PT Rajagarfindo Persada.

Uprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro.




DOI: 10.24235/ijee.v5i1.13402

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id