Pengaruh Pendidikan Kepramukaan Dalam Menumbuhkan Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Siswa Kelas IV MIN Kota Cirebon

Ade Ainul Yaqin(1*), Tamsik Udin(2), Heru Mudiyanto(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi ketika siswa mengikuti pelajaran umum terdapat permasalahan seperti masih rendahnya perhatian siswa ketika belajar (Attention), kurangnya relevansi siswa dalam pembelajaran (Relevance), kurangnya rasa percaya diri siswa (Confidence), dan kurangnya rasa kepuasan siswa setelah melaksanakan pembelajaran (Satisfaction). . MIN Kota Cirebon melaksanakan Pendidikan kepramukaan secara rutin. Kegiatan dalam pendidikan kepramukaan di MIN Cirebon dikemas dengan kegiatan yang menarik, menyenangkan, dan melibatkan siswa secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendidikan kepramukaan dalam menumbuhkan ARCS siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian metode survei ex post facto. Populasi penelitian ini sebanyak 56 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah uji regresi dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan kepramukaan terhadap siswa ARCS. Hal ini dibuktikan oleh hasil uji regresi linier sederhana Y = 41,866 + 0,539X artinya Pendidikan pramuka (X) berpengaruh positif terhadap ARCS siswa (Y). thitung sebesar 4,527 ˃ ttabel sebesar 1,706, dan nilai sig sebesar 0,000. Besarnya α yaitu 0,05, jika nilai thitung > ttabel dan sig < dari α maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh antara Pendidikan pramuka dalam menumbuhkan ARCS Siswa. Hasil uji determinasi sebesar 0,441,

Keywords


Pendidikan Kepramukaan, ARCS Siswa

Full Text:

PDF

References


Alfajar, Lukman Hakim. 2014. Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri Sosrowijayan. Skripsi. Yogyakarta: FKIP PGSD UNY.

Alfiyana, R., Sukaesih, S., & Setiati, N. (2018). Pengaruh Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dengan Metode Talking Stick Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Makanan. Journal of Biology Education, 7(2), 226–236.

https://doi.org/10.15294/jbe.v7i2.24287

Andri BOB Sunardi. (2006). Boyman, Ragam Latih Pramuka. Bandung: Nuansa Muda

Azrul Azwar. (2009). Gerakan Pramuka: Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Jakarta: Tunas Media

Dimyati dan Mudjiono, (2013), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Asdi Mahasatya

Gagne, R.A. dan Driscoll, M.P. (1988). Essential of Learning for Instruction. New Jersey: Prentice Hall Inc

I Wayan AS, (2013), Pramuka Indonesia: Buku Pedoman Pramuka Indonesia, Jakarta: CV. AzZahra

Kahono, P.C. (2010). Pramuka Membentuk Karakter Generasi Muda. Bandung: PT Puri Pustaka.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, (2014) Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, Jakarta

Keller, J. (1987). Development and use of the arcs model of instructional design. Journal of Instructional Development. 10(3): 2-10

Rahmatika, D. (2015). Buku Pintar Pramuka Edisi Pelajar. Jakarta: Bee Media Pustaka. Jurnal Ilmu Pendidikan

Samingan, dkk. (2000). Diktat Gerakan Pramuka Lord Robert Baden Powel Of Gilwell. Cilacap: SLTP Pemda.

Sappaile (2010). “Konsep Penelitian Ex Post Factoâ€. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1, Nomor 2 (hlm. 105-113).

Sardiman AM, (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Semiawan, Conny. (1991). Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad 21, Jakarta, PT. Gramedia

Sugiyono. (2012). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, hal, 61.

Sugiyono. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, hal, 110

Sugiyono. (2014). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Hal, 153

Sugiyono. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Hal, 199

Ummah M.T, Khairul. (2014). Kami Pramuka Indonesia (Cet. I) Sidoarjo: PT Masmedia Buana Pustaka

Wahjosumidjo. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada




DOI: 10.24235/ijee.v5i1.13382

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â