PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK SISWA KELAS III MI SALAFIYAH KOTA CIREBON
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wayang kartun terhadap keterampilan menyimak cerita anak siswa MI Salafiyah Kota Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ini yaitu one grup pretest posttest. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, tes lisan dan angket. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena mengambil seluruh siswa kelas III B di MI Salafiyah Kota Cirebon yang berjumlah 33 siswa. Data di analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-gain, uji regresi dan uji determinasi. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa penerapan media wayang kartun dengan menggunakan observasi, guru telah melaksanakan 20 komponen memperoleh skor 100% dan termasuk kedalam kategori baik sekali. Keterampilan menyimak cerita anak siswa kelas III B setelah menggunakan media wayang dari hasil pretest nilai rata-rata 50,09 (kurang) menjadi 64,23 (cukup) pada hasil posttest. Sedangkan uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov smirnov diperoleh nilai sig pretest sebesar 0,150 > 0,05 dan posttest sebesar 0,80 > 0,05 disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh nilai sig sebesar 0,34 > 0,05 disimpulkan bahwa data bersifat homogeny. Sedangkan uji N-gain diperoleh nilai tertinggi 0,44 dan terendah 0,10 dengan rata-rata 0,2769 dan termasuk kategori rendah. Berdasarkan uji t diketahui nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka diartikan Ho ditolak dan Ha diterima hal ini sama dengan hasil uji regresi dimana nilai sig 0,00 < 0,05 atau thitung sebesar 9,543 > ttabel sebesar 0,344 dikatakan bahwa ada pengaruh penggunaan media wayang kartun terhadap keterampilan menyimak cerita anak, kemudian melalui uji determinasi media wayang kartun berpengaruh sebesar 74,6% terhadap keterampilan menyimak cerita anak.
Â
Kata kunci : Media wayang kartun, keterampilan menyimak.
Abstract
This study aims to determine the effect of using wayang cartoon media on the skills of listening to stories of students at MI Salafiyah Cirebon City. This type of research is a quantitative research with a research design that is one pretest posttest group. Data collection techniques using observation, oral tests and questionnaires. The sample used is a saturated sample because it takes all students of class III B at MI Salafiyah Cirebon City, totaling 33 students. Data were analyzed using the normality test, homogeneity test, N-gain test, regression test and determination test. From the results of this study it can be seen that the application of wayang cartoon media using observation, the teacher has carried out 20 components obtaining a score of 100% and is included in the very good category. The skills of listening to stories of students in class III B after using wayang media from the pretest results averaged 50.09 (less) to 64.23 (enough) on the posttest results. While the normality test using the Kolmogorov Smirnov test obtained a sig pretest value of 0.150 > 0.05 and a posttest of 0.80 > 0.05, it was concluded that the data was normally distributed. The homogeneity test obtained a sig value of 0.34 > 0.05 concluded that the data is homogeneous. While the N-gain test obtained the highest value of 0.44 and the lowest 0.10 with an average of 0.2769 and is included in the low category. Based on the t test, it is known that the sig (2-tailed) value is 0.00 <0.05, it means that Ho is rejected and Ha is accepted, this is the same as the results of the regression test where the sig value is 0.00 <0.05 or tcount is 9.543 > ttable is 0.344 it is said that there is an effect of using wayang cartoon media on children's story listening skills, then through a determination test the wayang cartoon media has an effect of 74.6% on children's story listening skills.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, S. (2017). Biblioterapi untuk pengasuhan. Jakarta: Noura Books
A.H Hujair Sanaky. 2009. Media Pembelajaran, Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Ariyanto, A., Priyayi, D. F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Salatiga. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 1. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i1.1377
Ayesha, A. (2009). a Study of International Issues Through Cartoon Communication : the Cases of Pakistan and Norwegian Newspapers From September 2008 To February 2009 Kajian Mengenai Isu Antarabangsa Melalui Komunikasi Kartun : Kajian Kes Ke Atas Akhbar Di Pakistan Dan Norw. 28(1), 55–76.
Khomsatun, O., & Hasanah, A. (2019). Penggunaan Media Wayang Kartun Cerita Nonfiksi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Kotagede 3. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1(April), 175–183.
Lilis M, (2016) Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak, Jakarta: Kencana, hlm. 179.
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Gondrong 2. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 243–252. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Prasetyo, A. (2020). PengembanganMedia Pembelajaran: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web. Semarang: Yogi Agung Prasetyo.
Puspayanti, dkk. 2012. “Pengaruh Pendekatan SAVI Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utaraâ€. Jurnal MIMBAR PGSD Volume 1 Nomor 1. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Sumaryanti, E., Sabri, T. (2018)., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Tanjungpura, U. (n.d.). PENGGUNAAN MEDIA WAYANG PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. 1–9.
Tarigan, H. G. 2008. Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa
DOI: 10.24235/ijee.v5i1.13368
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id