Pengaruh Pembiasaan Shalat Ashar Berjamaah Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas III di MI Darul Hikmah Full Day School Kota Cirebon
Tia Mutiara
(1*),
Tamsik Udin
(2),
Aceng Jaelani
(3),
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiasaan shalat ashar berjamaah terhadap kedisiplinan siswa kelas III di MI Darul Hikmah Full Day School Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperiment dengan desain ex-post facto.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 45 siswa. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik sampel jenuh dengan menjadikan semua anggota populasi menjadi sampel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji lineartitas, uji determinasi, uji regresi linear sederhana, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pembiasaan shalat ashar berjamaah dan kedisiplinan siswa kelas III berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung (4,950) > ttabel (2.01808) dan nilai sig. (0,000) < 0,05 maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh pembiasaan shalat ashar berjamaah terhadap kedisiplinan siswa kelas III di MI Darul Hikmah Full Day School Kota Cirebon. Adapun pengaruh pembiasaan shalat ashar berjamaah terhadap kedisiplinan siswa berdasarkan hasil uji determinasi sebesar 36,3% dan sisanya 63,7% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu faktor internal, faktor lingkungan dan faktor masyarakat.Kata Kunci: Pembiasaan, Shalat Ashar Berjamaah, Kedisiplinan AbstractThis study aims to determine the effect of the habituation of the Asr prayer in congregation on the discipline of third grade students at MI Darul Hikmah Full Day School, Cirebon City. This study used a non-experimental quantitative approach with an ex-post facto design. Data collection techniques used observation, questionnaires and documentation. The population in this study amounted to 45 students. The research sample was selected using a saturated sample technique by making all members of the population a sample. The data analysis technique used is the normality test, lineartity test, determination test, simple linear regression test, and hypothesis testing. The results of this study can be seen that the habit of asr prayer in congregation and the discipline of class III students are in the very good category. Based on the results of the hypothesis test, the value of tcount (4.950) > ttable (2.01808) is obtained and the sig. (0.000) < 0.05, it can be seen that there is an influence of the habituation of the Asr prayer in congregation on the discipline of class III students at MI Darul Hikmah Full Day School, Cirebon City. The influence of the habituation of the Asr prayer in congregation on student discipline based on the results of the determination test is 36.3% and the remaining 63.7% is influenced by other factors, namely internal factors, environmental factors and community factors.Keywords: Habituation, Congregational Asr Prayer, Discipline
References
Adiningtiyas, S. W. 2018. Program Bimbingan Pribadi Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(2), 5563. https://doi.org/10.33373/kop.v4i2.1438
Azzam, H. 2013. Fiqih Ibadah. AMZAH.
Dakhi, A. S. 2020. Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Fitrialoka, I., & Rasyid, A. M. 2019. Pengaruh Pembiasaan Kegiatan Keagamaan terhadap Kedisiplinan Siswa SMP Al-Falah Dago Bandung. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3, 212217.
Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Patimah. 2015. Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2), 286295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168
Septirahmah, Andini Putri, M. R. H. 2021. Faktor-Faktor Internal Yang Mempengaruhi Kedisiplinan : Pembawaan, Kesadaran, Minat Dan Motivasi Serta Pola Pikir. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 618–622.
Triyatmoko Novi, Baedhowi, S. A. T. 2018. PengaruhuDisipilin Siswau Dan Lingkungan Sekolah TerhadapuPrestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi KelaspXI IPS Di SMA Negeri 19 Mojolaban Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 2, 115.
Wulandari,Yosi, Iis Suwartini, dkk. 2021. Praktik Gerakan Sekolah Menyenangkan. Yogyakarta: UAD Press.
DOI:
10.24235/ijee.v5i1.13358
Article Metrics
Abstract view : 0 times
PDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id
Â