Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi di MI Al-Maqosid Al-Islamiyyah Kuningan

Lutfiatul maula(1*), Dwi Anita Alfiani(2), Wulan Andini(3),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak Penelitian ini didasari oleh permasalahan bahwa siswa masih belum maksimal dalam pengerjaan soal-soal AKMI khususnya soal Literasi Numerasi. Hal tersebut terlihat rendahnya hasil literasi numerasi juga diketahui setelah dilaksanakannya kegiatan AKMI di MI Al-Maqosid Al-Islamiyyah Kuningan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMRI) terhadap kemampuan Literasi Numerasi di MI Al-Maqosid Al-Islamiyyah Kuningan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperiemental dengan desain penelitian pretest postest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena mengambil seluruh siswa kelas IV A yang berjumlah 25 sebagai kelas kontrol dan kelas IV B yang berjumlah 26 sebagai kelas eksperimen. Data yang diolah dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa penerapan pendekatan PMRI di kelas eksperimen dengan menggunakan lembar aktivitas guru dan siswa dapat dikategorikan baik. Dari skor maksimal hasil tes kemampuan literasi numerasi pada kelas eksperimen 43,28 menjadi 68,84 mengalami peningkatan sebesar 37,1% sedangkan pada kelas kontrol 41,52 menjadi 54,5 hanya mengalami sedikit peningkatan sebesar 23,8%, ini menunjukan bahwa hasil kemampuan literasi numerasi pada kelas eksperimen sudah sangat baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis independen sampel T-Test didapatkan nilai sig.< α yaitu 0.000 < 0.05 yang artinya H1 diterima. Sehingga terdapat efektivitas antara pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) terhadap kemampuan literasi numerasi di MI Al-Maqosid Al-Islamiyyah Kuningan. Dari hasil angket respon siswa terhadap penggunaan pendekatan PMRI pun memiliki kategori baik.Kata Kunci: Pendekatan PMRI, Kemampuan Literasi Numerasi Abstract This research is based on the problem that students are still not optimal in working on AKMI questions, especially Numerical Literacy questions. This can be seen from the low numeracy literacy results which were also known after the implementation of AKMI activities at MI Al-Maqosid Al-Islamiyyah Kuningan. This study aims to find out how effective the use of the Realistic Mathematics Education Approach (PMRI) is on Numerical Literacy skills at MI Al-Maqosid Al-Islamiyyah Kuningan. The approach in this study used a quantitative approach with a quasi-experimental research method with a pretest posttest control group design. Data collection techniques using observation, tests, and questionnaires. The sample used was a saturated sample because it took all 25 students in class IV A as the control class and 26 in class IV B as the experimental class. The data were processed using the normality test, homogeneity test, hypothesis testing, and the N-Gain test. From the results of this study it can be seen that the application of the PMRI approach in the experimental class using teacher and student activity sheets can be categorized as good. From the maximum score of the results of the numeracy literacy test in the experimental class from 43.28 to 68.84, there was an increase of 37.1%, while in the control class from 41.52 to 54.5, there was only a slight increase of 23.8%, this shows that the results numeracy literacy skills in the experimental class are very good. Based on the results of the independent sample T-Test hypothesis test, the value of sig. < α is 0.000 < 0.05, which means that H1 is accepted. So that there is effectiveness between the Indonesian realistic mathematics education approach (PMRI) on numeracy literacy skills at MI Al-Maqosid Al-Islamiyyah Kuningan. From the results of the questionnaire, student responses to the use of the PMRI approach also had a good category.Keywords: PMRI Approach, Numerical Literacy Ability

Full Text:

PDF

References


Agustina, Y., Mutaqin, E. J., & Nurjamaludin, M. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION ( RME ) caXra : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 02(02), 142–149.

Jailani, J., Sugiman, S., & Apino, E. (2017). Implementing the problem-based learning in order to improve the students’ HOTS and characters. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 247259.

Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 50215029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003

Maulida, S. S. (2017). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III MI Salafiyah Barek kebonsari madiun tahun ajaran 2016/2017. IAIN Ponorogo.

Maulidina, A. P. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 6166. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408

Rahayu. (2015). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PMRI Memang Beda. Buletin. PMRI/VI/Peb/2005, 2015. http://www.pmri.or.id/main.php

Sugiono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r & d. Bandung: Alfabeta.

Suherman, S. (2015). Kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika materi pola bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 8190.

Uswatun, Y. (2012). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Kampar. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

Widianti, W., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 2738.




DOI: 10.24235/ijee.v5i1.13357

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â