PENGARUH PEMBELAJARAN TAHFIDZ TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QURAN HADITS DI KELAS III MI DARUL HIKMAH KOTA CIREBON

Imas Handayani(1*), Aceng Jaelani(2), Moh Masnun(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tahfidz terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits di kelas III MI Darul Hikmah Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperiment, desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian Ex Post Facto. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel jenuh yang menggunakan semua anggota populasi yaitu siswa kelas III dengan jumlah 45 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji determinasi, uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran tahfidz di kelas III MI Darul Hikmah Kota Cirebon berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji determinasi R Square, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh pembelajaran tahfidz terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits di kelas III MI Darul Hikmah Kota Cirebon sebesar 20,3% dan sisanya 79,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Pembelajaran Tahfidz, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits 

Abstract
This study aims to determine the effect of tahfidz learning on learning outcomes of Al-Qur'an Hadith in class III MI Darul Hikmah Cirebon City. is study uses a non-experimental quantitative approach, the research design used is Ex Post Facto research. The sample used in this study is a saturated sample using all members of the population as a sample with a total of 45 people. Data collection techniques used in this study were observation, questionnaires and documentation. The data analysis technique used in this study is the normality test, linearity test, determination test, simple linear regression test and hypothesis testing. From the observation results it can be seen that the application of tahfidz learning in class III MI Darul Hikmah Cirebon City is in the very good category. Based on the results of the R Square determination test, it can be seen that there is an influence of tahfidz learning on Al-Qur'an Hadith learning outcomes in class III MI Darul Hikmah Cirebon City by 20.3% and the remaining 79.7% is influenced by other factors.
Keywords: Tahfidz Learning, Learning Outcomes, Al-Qur'an Hadith


Full Text:

PDF

References


Ansari, Muhammad Iqbal. (2017). Pelaksanaan Karantina Tahfidz Al-Quran 30 Hari untuk siswa SD/MI di Banjarmasin, Jurnal Muallimuna.

Haiatin Chasanatin. (2016). Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara. h. 145.

Mamun, Muhammad Aman. (2018). Kajian Pembelajaran Baca Tulis AlQuran, Vol 4 No.1

Masykurillah. (2013). Ilmu Tauhid Pokok-Pokok keimanan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Nafliani, Afrina. (2020). Hubungan Hafalan Al-Quran Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDTQ-T An Najah Cindai Alus Martapura. Jurnal Pendidiksn Islam Di Sekolah. Vol 2, No 2.

Nurmala, Desy Ayu. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi, Jurnal Pendidikan, 1

Razali Thaeb. (2016). Menumbuhkan Sikap Siswa Dalam Pencapaian Hasil Belajar. Lantanida Journal 4, no. 1. 51.

Santoso, Subhan Adi. (2020). Pengaruh Hafalan Ayat Al-Quran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Serabi Barat Bangkalan. Jurnal Pendidikan. Vol 6, No 1.




DOI: 10.24235/ijee.v5i1.13354

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â