Implementasi Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Siswa Kelas I di MI Darul Hikmah FDS Kota Cirebon

Ida Farida(1*), Aceng Jaelani(2), Moh Masnun(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak Metode Qiroati adalah suatu cara yang teratur dan sistematis dalam pembelajaran Al-Quran yang menekankan pada aspek bacaan yang disampaikan dengan sistem klasikal dan individu yang nantinya akan menghasilkan kemampuan membaca Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Siswa Kelas I di MI Darul Hikmah FDS Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi nonpartisipan, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, Koordinasi guru Qiroati, Guru Qiroati kelas 1 dan siswa kelas 1. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Metode sebelum Qiroati menggunakan 10 jilid dalam proses pembelajarannya, yang mana proses pembelajarannya tidak memiliki target capaian, yang penting siswa dapat membaca Al-Quran meskipun tanpa memperhatikaan nada bacaan dalam membaca Al-Quran. Dan kemampuan siswa dalam membaca Al-Quran juga tergantung dari masing-masing kemampuan siswanya. Kemudian setelah metode Qiroati pembelajaran menggunakan 4 jilid di kelas 1. (2) Rencana pembelajaran, yaitu meliputi komponen pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Komponen tersebut yaitu tujuan pembelajaran, materi, metode dan media, pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, dan evaluasi berupa evaluasi harian dan evaluasi kenaikan jilid. (3) Penerapan metode Qiraati dilakukan setelah metode Iqra dengan pembelajaran berjumlah 4 jilid dimana lebih dari setengah siswa atau 23 siswa dari 42 jumlah keseluruhan telah mencapai jilid 2 A dan 9 siswa mencapai jilid 2 B dan 1 siswa mencapai 3 A. jumlah siswa yang mencapai target, yaitu 33 siswa. adapun jumlah presentase keberhasilannya yaitu 78%. Kata Kunci: Metode Qiraati, Kemampuan Membaca Al-Quran AbstractThe Qiro'ati method is a regular and systematic way of learning the Qur'an which emphasizes the reading aspect delivered with a classical and individual system which will later result in the ability to read the Qur'an. This study aims to analyze the Implementation of the Qiro'ati Method in Improving the Ability to Read the Qur'an in Grade I Students at MI Darul Hikmah FDS Cirebon City. This study uses qualitative research descriptive method. The data collection techniques used were non-participant observation, interviews, and documentation. The subjects in this study were the Head of Madrasah, Qiro'ati teacher coordination, grade 1 Qiro'ati teacher and grade 1 students. The data analysis techniques used were data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study are (1) The method before Qiro'ati uses 10 volumes in the learning process, where the learning process does not have an achievement target, the important thing is that students can read the Qur'an even without paying attention to the tone in reading the Qur'an. And the ability of students to read the Qur'an also depends on each student's ability. Then after the Qiro'ati method, learning uses 4 volumes in grade 1. (2) Lesson plan, which includes components of implementing learning activities. These components are learning objectives, materials, methods and media, learning implementation includes opening activities, core activities, and closing activities, and evaluation in the form of daily evaluations and volume increase evaluations. (3) The application of the Qiraati method is carried out after the Iqra' method with learning totaling 4 volumes where more than half of the students or 23 students out of 42 total have reached volume 2 A and 9 students reached volume 2 B and 1 student reached 3 A. the number of students who reached the target, namely 33 students. while the total percentage of success is 78%.Keywords: Qiraati Method, Ability Reciting Al-Qur'an

Full Text:

PDF

References


Ahsin, W. (2010). Bimbingan Praktik Menghafal Al-Quran. Jakarta: Bumi Aksara.

Dhea Fitria & Marlina. (2022). Implementasi Metode Qiraati Dalam Meningkatkan Ketepatan Membaca Al-Quran Di TPQ Manbaul Ulum Desa Sukaraja. Pendidikan Islam Nusantara, 01, 01.

Hadiri, C. (2008). Klasifikasi Kandungan AL-Quran. Jakarta: Gema Insani.

Hetty Mulyani & Maryono. (2018). Implementasi Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Quran. Pendidikan Agama Islam, 1, 2.

Khon, A. M. (2013). Praktikum Qiraat Keanehan Bacaan Al-Quran Dari Hafash. Jakarta: Amzah.

Sudjana, N. (2017). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zarkasyi, H. D. S. (2018). Metode Praktis Belajar Membaca Al-Quran. Semarang: Yayasan Pendidikan Al-Quran Raudhatul Mujawidin.




DOI: 10.24235/ijee.v5i1.13350

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id