PENGARUH PENGGUNAAN VAK (VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR THOHAROH PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI SALAFIYAH KOTA CIREBON

Lidya Hastuti Dahliana(1*), Aceng Jaelani(2), Ummi Nur Rokhmah(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan VAK terhadap motivasi dan hasil belajar fiqih siswa kelas IV di MI Salafiyah Kota Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain penelitian ini yaitu One Group Pretest-Posttest design. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket tes, dan dokumentasi. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas IV B MI Salafiyah Kota Cirebon berjumlah 29 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh atau menggunakan seluruh jumlah populasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan penggunaan VAK dengan menggunakan observasi guru telah melaksanakan 15 komponen memperoleh skor 100% dan termasuk dalam kategori baik sekali. Sedangkan motivasi siswa diperoleh dari data hasil angket sebesar 79% siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hasil belajar siswa pada hasil pretest memiliki nilai rata-rata 60,7. Kemudian pada hasil posttest diperoleh nilai rata-rata 79,1, ini terjadi peningkatan yang signifikan setelah diterapkannya penggunaan VAK. Sedangkan uji normalitas diperoleh nilai signifikan pretest dengan uji Shapiro wilk sebesar 0,175 dan nilai signifikan posttest sebesar 0,094, dengan demikian data hasil belajar siswa dapat dikatakan normal. Berdasarkan uji N-Gain memperoleh nilai rata-rata sebesar 0,4351 dan ini termasuk kategori sedang. Berdasarkan uji t diketahui nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 > 0,05 maka diartikan Ho ditolak dan Ha diterima hal ini sama dengan hasil uji regresi dimana nilai signifikansi 0,00 > 0,05 dikatakan bahwa ada pengaruh penggunaan VAK terhadap Variabel (Y1) berpengaruh sebesar 22,6% dapat dilihat dari hasil uji koefisien determinasi, dan dapat diketahui juga bahwa variabel VAK berpengaruh sebesar 47,5% terhadap hasil belajar (Y2).
Kata Kunci: VAK, Motivasi, Hasil Belajar.

 

This study aims to determine how the influence of the use of VAK on the motivation and learning outcomes of fiqh grade IV students at MI Salafiyah, Cirebon City. The type of research used in this study is a quantitative research design, namely the One Group Pretest-Posttest design. The data collection technique uses observation, questionnaires, and documentation. The population used was class IV B MI Salafiyah Cirebon City students totaling 29 students, while the sample used was a saturated sample or used the entire population. From the results of the study it can be seen that the implementation of the use of VAK using teacher observation has carried out 15 components obtaining a score of 100% and is included in the very good category. While student motivation was obtained from the results of the questionnaire data by 79% of students became more active in participating in learning. Student learning outcomes in the pretest results have an average value of 60.7. Then the posttest results obtained an average value of 79.1, this was a significant increase after the VAK was implemented. While the normality test obtained a significant pretest value with the Shapiro Wilk test of 0.175 and a posttest significant value of 0.094, thus the data on student learning outcomes can be said to be normal. Based on the N-Gain test, an average value of 0.4351 is obtained and this is in the medium category. Based on the t test, it is known that the significance value (2-tailed) is 0.00 > 0.05, which means that Ho is rejected and Ha is accepted. The variable (Y1) has an effect of 22.6%, which can be seen from the results of the test for the coefficient of determination, and it can also be seen that the VAK variable has an effect of 47.5% on learning outcomes (Y2).
Keywords: VAK, Motivation, Learning Outcomes.


Full Text:

PDF

References


Bire, Arylien Ludji, Uda Geradus, and Nusa Cendana. 2014. PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, DAN KINESTETIK. Jurnal Kependidikan 44 (2): 16874.

Dewi, Ni G A A Lismanteri, Lulup Endah Tripalupi, and Made Artana. 2015. Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMA Lab Singaraja. Tesis, 1.

Aris Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013,

(Yogyakarta: ARRUZZ MEDIA,2014), hlm. 226

Dewi, Ni G A A Lismanteri, Lulup Endah Tripalupi, and Made Artana. 2015. Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMA Lab Singaraja. Tesis, 1.

Hariyani, Nunik, and Veny Ari Sejati. 2019. Pengembangan Rumah Baca Di Pedesaan Dengan Fleming Model ( VAK ). Jurnal Penelitian Ilmu - Ilmu Sosial 20 (2 September): 8590.

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1).

Wahidin. 2019. Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Pancar 3 (1): 23245.

Zaenudim, Zaenudin. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Melalui Penerapan Strategi Bingo. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10 (2): 301–18. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.796.




DOI: 10.24235/ijee.v5i1.13347

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â