Pengaruh Program Baca Tulis Al-Qur'an Terhadap Karakter Religius dan Tanggung Jawab Siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon

Indri Santika(1*), Tamsik Udin(2), Moh Masnun(3),


(1) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
(2) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
(3) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu upaya MI Salafiyah Kota Cirebon dalam menanamkan karakter dan tanggung jawab keislaman pada siswanya adalah dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengikuti Program baca tulis Al-Qur'an. Tujuan penelitian yang dilaksanakan di MI Salafiyah Kota Cirebon ini adalah untuk menilai pelaksanaan program baca tulis Al-Qur'an, menilai karakter dan tanggung jawab keagamaan siswa, dan menilai dampak dari Al-Qur'an. program baca tulis Al-Qur'an pada faktor-faktor tersebut. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain penelitian quasi eksperimental design. Dalam penelitian ini, sebanyak 55 siswa kelas III dan IV ikut serta sebagai responden penelitian. Metode pengumpulan data meliputi kuesioner dan observasi langsung. Kemudian untuk mengevaluasi data yang terkumpul digunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji koefisien regresi sederhana (uji T) dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 16.0 for Windows. Program baca tulis Al-Qur'an di MI Salafiyah Kota Cirebon dinilai dalam temuan penelitian berada pada kategori Sangat Baik. Telah ditetapkan bahwa hasil perhitungan tipikal adalah 3,61 dan tingkat keberhasilannya adalah 90,2%. Terbukti bahwa siswa dalam kategori Sangat Baik memiliki hasil hitung rata-rata 3,56, dengan 89,1% di antaranya memperoleh nilai Sangat Baik atau lebih baik untuk karakter religius dan tanggung jawab. Berdasarkan data penelitian dan perhitungan uji T yang dilakukan dengan perangkat lunak SPSS, ambang batas signifikansi untuk uji T ditetapkan sebesar 0,545 > 0,05. Nilai t tabel sebesar 35,719 digunakan untuk menghitung nilai thitung, yang didapat sebesar 4,788. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa program baca tulis Al-Qur'an memiliki efek positif pada karakter religius dan rasa tanggung jawab siswa.


Full Text:

PDF

References


Alim, Muhammad. (2011). Pendidikan Agama Islam: Upaya Pembentukan Pemikiran Dan Kepribadian Muslim. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arief, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciput Press.

Hasdikurniati, A. I. (2019). Pengaruh Penerapan Program Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 1(01), 1–10.

https://doi.org/10.30599/jemari.v1i01.405

Kurniawan, Syamsul. (2016). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Sekolah, Perguruan Tinggi & Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lestari, F., Maylita, F., Hidayah, N., & Junitawati, P. D. (2020). Memahami Karakteristik Anak. Yogyakarta: CV Bayfa Cendekia Indonesia.

Mahalli, Sadiyah, K., & Kholili, S. (2021). Pendampingan Pembelajaran Baca Tulis Al quran Pada Siswa SD Negeri 2 Kuwasen Jepara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(3), 147–153.

Mahbubi, M. (2012). Pendidikan Karkater. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Patimah. (2015). Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida : Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(2), 107–115.

https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=l9hxvqwAAAAJ&citation_for_view=l9hxvqwAAAAJ:bFI3QPDXJZMC

Ruhyana, Witarsa. & Rahmat. (2021). Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasinya. Bandung: Yrama Widya.

Sholihah, Baqiyatush. (2018). Evaluasi Dan Supervisi Program Pembelajaran Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Islam Bilingual an-Nissa Semarang. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 15(1). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i1.718

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. (2013). Strategipembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syafitri, Rodhiyah. (2017). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Strategi Giving Questions and Getting Answers Pada Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 57–63.

https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12623

Zanki, Harits Azmi. (2021). Religious Culture (Budaya Religius) Di Lingkungan Madrasah. Indramayu: CV Adanu Abimata.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: 10.24235/ijee.v4i2.11359

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â