PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS V MI NURUL HUDA PANGENAN

Qifti Mariyatul Qibtiyah(1*), Atikah Syamsi(2), Nur Atikoh(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Aktivitas siswa adalah kegiatan yang dilakukan oleh siswa selama proses pembelajaran, maka apabila aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran pasif maka akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap aktivitas siswa pada pembelajaran IPA materi panas dan perpindahannya dikelas V MI Nurul Huda Pangenan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperimental design dan desain yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nurul Huda Pangenan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive dengan jumlah 25 siswa kelas V A dan 25 siswa kelas V B. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes. Adapun hasil yang diperoleh: 1) Berdasarkan hasil rekapitulasi observasi penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) termasuk kriteria baik, dan observasi aktivitas siswa pada saat penerapan model pembelajaran TGT termasuk kriteria keaktifan siswa tinggi. 2) Hasil rekapitulasi angket menunjukkan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran TGT adalah baik sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa memberi tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). 3) Berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa setelah menggunakan model pembelajaran TGT, hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis Mann-Whitney U (Sig. 2- tailed) pada pertemuan 1 0,013 < 0,05, pada pertemuan 2 0,036 < 0,05, dan pada pertemuan 3 0,000 < 0,05 artinya hipotesis Ha yang diajukan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap aktivitas siswa pada pembelajaran IPA di kelas V MI Nurul Huda Pangenan.


Full Text:

PDF

References


Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Jogjakarta: Suka Press.

Atikoh, N., & Prasetyo, Z. K. (2018). The Effect Of Picture Storybook Based On Scientific Approach Through Inquiry Method Toward Student’s Inference Skill. Journal Of Turkish Science Education, 15(Special Issue), 22–32. Https://Www.Tused.Org/Index.Php/Tused/Article/View/685/587

Budiarti, Y., Sumirat, F., & Murti, A. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah

Dasar Pada Materi Sumber Daya Alam. Pedagogik, Ix(1), 60–67.

Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 1–5.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar IPA di Kelas IV SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal Of Elementary Education, 1(4), 249–263.

Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V1i4.12966

Juwitaningsih, D. (Kemendikbud). (2018). Modul Tema 9 Panas Dingin. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan- Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Http://Rumahbelajar.Id/Media/Dokumen/5cff79ecb646044330d686d4/82a60525e78b6fff454d

c634057d60.Pdf

Kaharuddin, A., Arifin, S., Tulak, T., & Suyastini, P. A. (2020). Teams Games Tournament (TGT) dan Discovery Learning (DL) dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.

Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 1–8. Https://Ojs.UniskaBjm.Ac.Id/Index.Php/Jurnalmuallimuna/Article/View/2371

Karitas, D., & Fransiska. (2017). Tema 6 Panas dan Perpindahannya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Masitoh, D. (2019). Model Pembelajaran Pailkem Sebagai Upaya Mengembangkan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 92–97. Https://Doi.Org/10.30599/Jpia.V6i2.646

Maurin, H., Sani, D., & Muhamadi, I. (2018). Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Al-Aulad: Journal Of Islamic Primary Education, 1(2),

–76. Https://Journal.Uinsgd.Ac.Id/Index.Php/Al-Aulad/Article/View/3526

Rahmawati, R. (2018). Teams Games Tournament (TGT) Sebagai Strategi Mengaktifkan Kelas dengan Mahasiswa yang Mengalami Hambatan Komunikasi. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus),

(2), 70–76.

Rofiq, A., & Mahmud, M. E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Melalui Model Kooperatif Tipe Teams Games Tuornament. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 109–130.

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Shobirin, M., & Rochmana, S. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Pada Materi Benda dan Sifatnya. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 91–106.

Https://Doi.Org/10.32332/Elementary.V3i2.997

Susanna, S. (2017). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI MAN 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93–

Https://Doi.Org/10.22373/Lj.V5i2.2832

Susanti, D., & Apriani, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan Tema Cita-Citaku Menggunakan Media Audio Visual Pada Kelas IV MIN 1 Kota Padang. Jurnal

Kajian Dan Pengembangan Umat, 3(2), 27–37.

Syamsi, A. (2014). Optimalisasi Pembelajaran Tematik Berbasis Experiential Learning Untuk Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru Mi, 1(1).

Https://Doi.Org/10.24235/Al.Ibtida.Snj.V1i1.339

Taboen, Y., Sugiyono, & Uliyanti, E. (2016). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Teams Games Tournament di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(1).

Https://Jurnal.Untan.Ac.Id/Index.Php/Jpdpb/Article/View/13147

Triowathi, N., & Wijayanti, A. (2018). Implementasi Team Games Tournament (TGT) dalam

Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar IPA. J. Pijar Mipa, 13(2), 110–118.

Widayati, N. S., & Muaddab, H. (2018). 29 Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: CV

Garuda Mas Sejahtera.

Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pembelajaran IPA yang

Menyenangkan. Taman Cendekia, 01(01), 52–59.




DOI: 10.24235/ijee.v4i2.11341

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â