Pengaruh Metode Mimicry Memorization berbantuan media gambar terhadap hasil belajar mufrodat siswa kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon

Dea Aldila(1*), Aceng Jaelani(2), Atikah Syamsi(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman dan penguasaan mufrodat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mimicry memorization berbantuan media gambar terhadap hasil belajar mufrodat siswa kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode eksperimen dan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VB dan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh yaitu seluruh kelas VB yang menjadi sampelnya dengan jumlah 30 Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh setelah dilakukannya 2 kali treatment adalah : 1) Berdasarkan hasil rekapitulasi observasi penerapan metode mimicry memorization berbantuan media gambar yang dilakukan guru dan siswa termasuk kriteria baik, guru dan siswa mampu menerapkan langkah-langkah dengan baik. 2) Hasil tes menunjukan adanya peningkatan hasil belajar mufrodat siswa setelah diberikannya perlakuan berupa metode mimicry memorization berbantuan media gambar. 3) Berdasarkan hasil uji paired sample t-test memperoleh nilai Sig. (0,000) < (0,05) dan hasil uji regresi yaitu 0,000 < 0,05, menunjukan Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, adanya pengaruh penggunaan metode mimicry memorization berbantuan media gambar terhadap hasil belajar mufrodat siswa kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon. Adapun berdasarkan uji koefisien determinasi besarnya pengaruh adalah sebesar 65,5%.

Kata Kunci : Metode mimicry memorization, media gambar dan mufrodat


Full Text:

PDF

References


Aceng Jaelani Dan Siti Aisyah. (2017). Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika

Materi Perkalian Pada Siswa Kelas III MI Salafiyah Kota Cirebon. Al Ibtida, 4(1), 88–89.

Ahmadi Dan Aulia Mustika Ilmiani. (2020). Metodologi Pembelajaran Bahsa Arab (1st Ed.).

RUAS MEDIA.

Aini, S. (2018). Metode Mimicry-Memorization ( Mim-Mem Method ) Dalam Meningkatkan

Penguasaan Mufrodat Peserta Didik Di Madrasah. 6(1), 90–110.

Aprida Panen Dan Muhammad Darwis Dasopang. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian

Ilmu Ilmu Keislaman, 03(2), 345.

Asna Andriani. (2015). URGENSI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Ta’allum, 03(46), 39–56.

Hasan, M. H. Z. Dan. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar ( Flash Card) Terhadap

Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab. Al Mi’yar, 2(NO 1), 41.

Henry Guntur Taringan. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Hilmi. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.

Lantanida Journal, 4(2), 131.

Imam Asrori, M. T. Dan M. A. (2012). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Miskat.

Iwan Hermawan. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mixed Methode

(Cici Sri Rahayu (Ed.); 1st Ed.). Hidayatul Quran Kuningan.

Khori, A., & Astuty, A. W. (2017). Ahmad Khori & Asri Widya Astuty. I(1), 41–53.

Kuswoyo. (2016). Instrumen Penilaian Mufrodat. El-Wasathiya, 2(2), 101.

Misbahus Surur. (2019). Media Gambar Dan Peranannya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.

Risda : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4(2), 4–5.

Muhammad Iqbal. (2018). Penggunaan Metode Mim-Mem Untuk Mengembangkan Keterampilan

Berbicara. Al-Mi’yar, 1(2), 120–122.

Nuril Mufidah. (2018). Metode Pembelajaran Al-Ashwat. Al Mahara Jurnal Pendidikan Bahasa

Arab, 4(2), 213.

Silvi Nurul Wasilah. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Metode Mimicry

Memorization (Mim-Mem) Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Pokok Bahasan Mufrodat

Terhadap Siswa Kelas IV Di MI Nutul Yakin Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung.

Jurnal UIN Sunan Gunung Djati, 5.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sutirman. (2013). Media & Model-Model Pembelajaran Inovatif. Graha Ilmu.

Syaiful Mustofa. (2017). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif (1st Ed.). UIN-MALIKI

PRESS.

Teni Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa. Misykat, 03(01), 173.

Zahratun Fajriah. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab ( Mufradat ) Melalui

Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar ( Penelitian Tindakan Pada Siswa Kelas I MI Nurul

Hakimkediri Lombok Barat Tahun 2015 ) PAUD Pps Universitas Negeri Jakarta Hadits ,

Aqidah Akhlak Dan S. Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 107–126.




DOI: 10.24235/ijee.v4i2.11340

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â