Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V MIN 9 Cirebon

Dewi Maulidiyyah(1*), Idah Faridah Laily(2), Wulan Andini(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang masalah dalam penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar siswa kelas V masih lemah terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa materi bangun ruang siswa kelas V MIN 9 Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Populasi penelitian ini sebanyak 50 siswa yang terdiri 25 siswa di kelas eksperimen dan 25 siswa di kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes tertulis. Observasi digunakan untuk mengetahui penerapan Model Problem Based Learning, sedangkan tes tertulis digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V MIN 9 Cirebon. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa, (1) Penerapan Model Problem Based Learning lebih berpengaruh dari pada model konvensional dengan nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 83 kriteria sangat baik dan nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 85 kriteria sangat baik. (2) kemampuan berikir kritis matematis di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 71,52 lebih tinggi dibandingkan di kelas kontrol sebesar 61,08. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara Model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MIN 9 Cirebon. Hal ini ditunjukkan dengan hasil yang diperoleh sig 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat diartikan maka terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Model Problem Based Learning


Full Text:

PDF

References


Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167–178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.630

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam. Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 294–303.

Azizah, L. I. R., Sugiyanti, S., & Happy, N. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dan Guided Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 30–36. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3853

Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap hasil belajar matematika siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 1–5.

Egok, A. S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), hlm. 35-43.

Fauzia, H. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Wonorejo 01. Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia, 2(2), 49–59. https://doi.org/10.36418/glosains.v2i2.21

Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Peranan Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 110. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.669

Islam, F. M., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan hasil Belajar IPA dalam Tema 8 Kelas 4 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(7), 613–628.

Masitoh, I., & Prabawanto, S. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksloratif. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 186. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2709

Mufangati, U., & Juarsa, O. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika. TRIADIK, 17(1), 32–45.

Novitasari, D. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(1), 43–56.

https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1627/1380

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Nizamia Learning Center.

Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Operasi Hitung Siswa kelas V B dan C di SDN Neglasari. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250

Rasiman. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 1–8. http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/544

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2(April), 1–7.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58–67.

Sumitro, A. H., Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1188–1195. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9936/4696

Yusri, A. Y. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Di Kelas Viii Smp Negeri 19 Palu. Musharafa, 7(1), 69–82.




DOI: 10.24235/ijee.v4i2.11327

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â