IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DASADARMA PRAMUKA DALAM PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI MI MADINATUNNAJAH KOTA CIREBON

Salwa Nabiila Azzuhrah(1*), Tamsik Udin(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai dasadarma pramuka dalam pembinaan karakter disiplin dan kemandirian siswa di MI Madinatunnajah Kota Cirebon, mengetahui pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di MI Madinatunnajah Kota Cirebon, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada penerapan nilai-nilai dasadarma pramuka dalam pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawabsiswa di MI Madinatunnajah Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu Siswa kelas III-VI sedangkan sumber data dalam penelitian ini yaitu Pembina Pramuka, Guru, dan Siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi nilai-nilai dasadarma pramuka dalam pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di MI Madinatunnajah Kota Cirebon sudah di implementasikan dengan baik melalui pembiasaan dan juga arahan. Pembina pramuka memberikan contoh kepada siswa mengenai kedisiplinan dan tanggung jawab seperti datang tepat waktu, memakai seragam pramuka ketika kegiatan pramuka. Siswa akan dikenakan hukuman jika ada yang melanggar. Pembinaan karakter disiplin dan karakter tanggung jawab siswa telah diupayakan oleh guru yakni dengan menerapkan kegiatan baris berbaris sebelum kegiatan pembelajaran serta guru membuat kesepakatan tata tertib di kelas pada saat pembelajaran. Dalam hal ini, guru juga memberikan hukuman kepada siswa yang melanggar dan memberikan reward sebagai bentuk apresiasi kepada siswa yang sudah baik dalam kedisiplinan dan tanggung jawabnya. Faktor pendukung: adanya dukungan serta kontrol secara langsung dari kepala sekolah, adanya peran aktif dari pembina pramuka. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, adanya pandemi covid-19, kesadaran siswa, dan faktor lingkungan pertemanan siswa.

Kata Kunci: Implementasi Nilai-Nilai Dasadarma, Karakter Disiplin, Karakter Tanggung Jawab


Full Text:

PDF

References


Erliani, S. 2016. Peran Gerakan Pramuka untuk Membentuk Karakter Kepedulian Sosial dan Kemandirian (Studi Kasus di SDIT Ukhwah dan MIS An-Nuriyyah 2 Banjarmasin). Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 36–46.

Juwantara, R. A. 2019. Efektivitas ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter jujur disiplin dan bertanggung jawab pada siswa madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 160–171. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4994.

Mudasir. 2011. Manajemen Kelas. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Marijan. 2012. Metode Pendidikan Anak. Yogyakarta: Sabda Media.

Marzuki. 2017. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.

Narwanti, S. 2011. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.

Pratiwi, S. I. 2020. Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter disiplin siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sulahudin, Anas dan Irwanto Alkrienciehie. 2017. Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa). Bandung: CV Pustaka setia.

Suyatno. 2015. Metode Kepramukaan: Untuk Pembina Dan Pelatih Pramuka. Tangerang: Mustika Ilmu.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter, Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Kencana.

Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Grub.




DOI: 10.24235/ijee.v4i2.11225

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â