Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran IPS Kelas V Di MI Darul Hikmah Kota Cirebon
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah hasil belajar siswa yang rendah, siswa sulit untuk mengerjakan soa-soal dan kurang aktif dalam pembelajaran dikelas. Salah satu metode pembelajaran yang dinilai sangat efektif dan dapat memotivasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode scramble. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh metode scramble terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di MI Darul Hikmah Kota Cirebon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan bentuk pre-experimental design tipe one-group pretest posttest yaitu penelitian yang hanya menggunakan satu kelas eksperimen saja. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darul Hikmah Kota Cirebon, dengan menggunakan sampel jenuh dengan jumlah responden 23 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa tes objektif menjodohkan yang terdiri dari 10 soal dan 10 jawaban yang masih disusun secara acak pada soal pretest dan posttest. Data dalam penelitian ini dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan uji N-gain, dan uji beda diantara nya uji normalitas, uji homogenitas dan uji wilcoxon dengan menggunakan program SPSS versi 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil belajar pretest siswa dengan nilai rata-rata sebesar 40,43 dan hasil belajar posttest siswa sebesar 76,69. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji wilcoxon dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian terdapat pengaruh metode scramble dengan hasil belajar IPS siswa kelas V hal ini juga didukung dengan hasil uji N-gain sebesar 0,59 dengan kategori sedang artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode scramble yang tergolong sedang atau baik.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, M. (2016). Aktivitas Aktif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Realistik. Education and Development, Vol.2 No 5, 45.
Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: kuantitatif & kualitatif. PT. RaJa Grafindo Persada.
Eva Yanti Siregar, W. M. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 PANDAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), Vol.2 No.2(ISSN. 2621-9832), 93.
Fatoni, A. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Rineka Cipta.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8) (8th ed.). Badan Penerbit.
Handini, G. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 21 Palembang. Universitas Sriwijaya.
Haryati, M. (2013). Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Referensi.
Hermawan Budi Santoso, S. (2017). PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE PROBLEM BASIC LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN TUNE UP MOTOR BENSIN SISWA KELAS XI DI SMK INSAN CENDEKIA TURI SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi Vol. 5, No. 1, Juni 2017, 5(1), 1–27.
Intan Anggraini, A. N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Lengkong 1 Mojokerto. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya, Vol. 05. N, 34.
Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif (Reverensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Media Persada.
Khanifatul. (2013). PEMBELAJARAN INOVATIF. Ar-Ruzz Media.
Kurniawan Budi, Ono Wiharna, T. P. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156–162.
M, A. (2016). Aktivitas Aktif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Realistik. Education and Development, Vol.2 No 5, 45.
Oemar, H. (2015). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Ghalia Indonesia.
Sapriya. (2015). Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya.
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Sugiharti, P. (2011). Penggunaan Metode Scramble Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, No.16(Tahun ke 10), 49.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT.Alfabeta.
Sundaya, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Tanzeh, A. (2009). pengantar metode penelitian. Teras Ambar.
Tuti Herawati, Deasyanti, D. Z. S. (2017). Pengaruh Metode Scramble terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Kecerdasan Interpersonal Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, Vol. 1, No(ISSN: 2597-4866), 74.
DOI: 10.24235/ijee.v5i2.11219
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id