Pengaruh Metode Cooperative Script Terhadap Kemampuan Analisis (C4) Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Di SD
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menganalisis (C4) siswa dalam materi pembelajaran IPA dan menggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik dalam meningkatkan kemampuan analisis (C4) siswa dalam pembelajaran IPA. Analisis adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengamati suatu objek secara secara mendetail melalui proses yang lebih mendalam lagi dan dapat dipelari lebih lanjut lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode cooperative script terhadap kemampuan analisis (C4) siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV A SDN Lemahabang 01 Kab. Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian menggunakan metode penelitian pre-experimental design dengan one group pre-test post-test design. Teknik pengumpuln data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah kelas IV A di SDN Lemahabnag 01 Kab. Brebes yang berjumlah 39 siswa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan guru yaitu 100% memiliki hasil yang sangat baik. Hasil tes kemampuan analisis (C4) siswa pada soal uraian HOTS memperoleh hasil 100% sangat baik. Dan pada uji hipotests di uji Paired Sampel T-test di peroleh nila sig (2-tailed) 0,000 < 0.005. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima karena dengan kriteria pengujian, jika nilai signifikansi atau sig > 0.05 maka artinya Ha diterima dan Ho ditolak, artinya bahwa ada pengaruh metode Cooperative Script terhadap kemampuan analisis (C4) siswa kelas IV A di SD Negeri Lemahabang 01.
Â
Kata Kunci: Cooperative Script, Kemampuan Analisis(C4), IPA
Full Text:
PDFReferences
Amin, M. (2019). Penyusunan Instrumen Penilaian Berbasis Hots. Handout Makalah. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Bloom, B. S. (1956). The taxonomy of Educational Objectives The Classification of Educational Goals. David MeKay.
Driyarkara. (1980). Driyarkara tentang pendidikan. Kanisius.
Dwijayanti, N. (2021). Pembelajaran Berbasis HOTS sebagai Bekal Generasi Abad 21 di Masa Pandemi. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53837
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582
Hamzah B. Uno dan Satria Koni. (2013). Assessment Pembelajaran. Bumi Aksara.
Handelsman, J., Erbelt-May, D., Beichner, R., B., & P., Chang, A., deHaan, R. (2004). Scientific Teaching. Science Mag, 521–522.
Idris, R. (2017). Perubahan sosial budaya dan ekonomi Indonesia dan pengaruhnya terhadap pendidikan. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 14(2), 219–231. https://doi.org/10.24252
Kao, C, Y. (2014). Exploring The Relationship Between Analogical, Analytical, and Creative Thinking. Thinking Skills and Creativity, 13, 80–88.
Khotimah, E. N., & Nuraida, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi Application of Cooperative Script Learning to Improve student Learning Outcomes in Science Biology Subjects. 15(2011), 159–164.
Magdalena, I., & Hidayah, A. (2021). KOGNITIF , AFEKTIF , PSIKOMOTORIK SISWA KELAS II B SDN KUNCIRAN 5 TANGERANG. 3, 48–62.
Meilani, R., & Sutarni, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 176. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3349
Munthe, B. (2009). Desain Pembelajaran. Pustaka Insan Madani.
Novita, S., Santosa, S., & Rinanto, Y. (2016). Perbandingan Kemampuan Analisis Siswa melalui Penerapan Model Cooperative Learning dengan Guided Discovery Learning The Comparison of Student Analitycal Thinking Between the Implementation of Cooperative Learning and Guided Discovery Learning Model. 13(1), 359–367.
Nuryani. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. UM Press.
Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PT. Indeks.
Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara.
Setiawati, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Analisis Transaksi Dalam Menyusun Jurnal Dengan Model Problem Based Learning Melalui Pengamatan BT / BK. 1(1), 1–8.
Sugiyanto. (2010). Model - Model Pembelajaran Inovatif. Yuma Pustaka.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sumiati, A. (2016). Metode Penelitian. CV. Wacana Prima.
Trianto. (2011). Model - Model Pembelajaran inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka.
Widiyarto, S. (2018). Pengaruh Metode Cooperative Scrift dan Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Khazanah Pendidikan, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.30595/jkp.v11i1.2307
DOI: 10.24235/ijee.v5i2.11177
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id