PENERAPAN METODE SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT SABILUL QUR’AN CENDEKIA

Maftukhah Maftukhah(1*), Aceng Jaelani(2), Dwi Anita Alfiani(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan bagaimana Penerapan Metode Scramble dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas V SDIT Sabilul Qur’an Cendekia, Mendeskripsikan kemampuan kosa kata bahasa arab siswa kelas V di SDIT Sabilul Qur’an cendekia dengan menggunakan metode scramble, Mendiskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode pembelajaran scramble pada kosakata Bahasa Arab di kelas V SDIT Sabilul Qur’an Cendekia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulaan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik triangulasi untuk menguji keabsahan data. Data penelitian ini dianalisis dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan verifikasi (conclusion drawing verivication). Sementara untuk subjek penelitian adalah guru mata pelajaran bahasa arab dan siswa kelas V SDIT Sabilul Qur’an Cendekia Cirebon. Hasil Penelitian ini adalah (1) Penerapan metode scramble guru membuat perencanaan pembelajaran yang meliputi menentukan tujuan pembelajaran, menyiapkan materi pembelajaran, dan pemilihan media.(2) Meningkatanya hafalan kosa kata bahasa arab dengan menggunakan metode scramble (3) Faktor pendukung penerapan metode ini siswa diterapkan pembiasaan berbicara menggunakan bahasa arab ketika pembelajaran berlangsung dan siswa mengikuti MDA (Madrasah Diniyah Awaliyah) disekitar rumah. sementara faktor penghambat metode ini masih ada siswa yang tidak mampu dalam membaca dan menghafal bahasa arab, suasana kelas yang gaduh dan keterbatasan waktu belajar saat pandemi yang mengakibatkan waktu hafalan dan mengerjakan tugas menjadi terbatas. Kata Kunci: Metode Scramble, Pembelajaran Bahasa Arab dan kosa kata

Full Text:

PDF

References


Farlina, H. (2020). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 6(4). https://doi.org/10.5281/zenodo.4297561

Halil, A., Yanis, A., & Noer, M. (2015). Artikel Penelitian Pengaruh Kebisingan Lalulintas terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SMP N 1 Padang. 4(1), 53–57.

Hendrawanto, C. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab ( KitÄbah ) dengan Menggunakan Metode Scramble di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab , Universitas Negeri Jakarta Pendahuluan. 17(1), 58–68.

Huda, M. (2020). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2019). Shaut Al- ‘ Arabiyah METODE-METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF Shaut Al- ‘ Arabiyah. 12(1), 13–30. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.8269

Julianto, V., Dzulqaidah, R. P., & Salsabila, S. N. (2003). Pengaruh mendengarkan murattal al quran terhadap peningkatan kemampuan konsentrasi.

khairu, kahfi. (2014). Pendidikan memberikan peranan penting dalam kehidupan karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia ( SDM ). Sejalan perkembangan dunia pendidikan yang semakin pesat menuntut lembaga pendidikan untuk. 20.

Muhammad, ikbal. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab Di Sekolah Dasar Terpadu (SDIT) Bina Insan Batang Kuis. 106–110.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. (1989), 9–16.

Nursyimah. (1994). Pembelajaran bahasa arab untuk tingkat dasar.

Riqza, M. S. (2020). Media Sosial untuk Pembelajaran Bahasa Arab pada Masa Pandemi : Kajian Kualitatif Penggunaan WhatsApp pada Sekolah Dasar di Indonesia. 2(1), 71–94.

Sandra, D., Yulia, F., & Sapto, A. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. 808–814.

Sari, L. K. (2022). Pengaruh Metode Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Maharah kitab Bahasa Arab Kelas VIII Madrasah Simo Lamongan. 25–40.

Sri, G. (2021). Vol. 3 No.3 Edisi 1 April 2021 http://jurnal.ensiklopediaku.org Ensiklopedia of Journal. 3(3), 1–14.

Sugioyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tri, I., & Wijaya, A. (2017). UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS.

Wantu, N. (2018). Penerapan Metode Scramble dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks BerBahasa Inggris. 1(1), 146–158.




DOI: 10.24235/ijee.v4i1.11157

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â