PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS DI KELAS IV MI NURUL HIDAYAH KABUPATEN BREBES

Erin Laeli Rochmatin(1*), Tati Nurhayati(2), Ummi Nur Rokhmah(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembahasan ini dilatar belakangi oleh kurangnya kreativitas guru dalam memanfaatkan media pembelajaran ular tangga ataupun media pembelajaran lainnya., sehingga siswa kurang terlibat dan siswa mudah merasa jenuh dalam proses pembelajaran IPS. Tujuan pembahasan ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran ular tangga terhadap keaktifan belajar IPS materi tokoh- tokoh pahlawan nasional indonesia di kelas IV MI Nurul Hidayah Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen, desain penelitian tipe pre-experimental one-shot case stady desain. Populasi dan sampel 38 siswa yang terdiri dari 23 laki-laki dan 15 perempuan menggunakan teknik sempling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasif, kuesioner (angkat) dan dokumentasi. Analisis Data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linear sederhana, dan uji koefisien determinansi. Hasil penelitian menunjukan pengaruh media pembelajarana ular tangga terhadap keaktifan belajar IPS di kelas IV MI Nurul Hidayah Kabupaten Brebes uji hipotesis dengan uji regresi linear sederhana didapatkan nilai sig 0,857 > 0,05 dan uji keefisien determinansi didapatkan nilai R Square 0,392 < 005. Maka hal ini menunjukan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikansi antara variabel independen terhadap variabel dependen. Karena pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen hanya sebesar 39,2%. dan sisanya 60,8% dipengaruhi faktor lain.

Full Text:

PDF


DOI: 10.24235/ijee.v5i2.11096

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â