Implementasi Metode Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Sains Siswa Kelas V

Ayu Anjani(1*), Atikah Syamsi(2), Ummi Nur Rokhmah(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah sains siswa kelas V di MI An-Nur Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan studi dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V MI An-Nur Kota Cirebon. Data penelitian ini dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa Kegiatan problem posing dilaksanakan oleh peneliti dan guru kelas V. Implementasi metode problem posing terdiri dari 5 tahapan, yaitu membahas masalah baru, mencatat dan menggambarkan temuan masalah, mengajukan soal, memilih salah satu soal untuk di prediksi solusinya dan mendiskusikan masalah dengan teman. Kemampuan pemecahan masalah sains siswa kelas V MI An-Nur yang mengikuti kegiatan problem posing dari 30 siswa terdapat 9 siswa yang memperoleh nilai tertinggi sebesar 100. Dari nilai siswa kelas V MI An-Nur Kota Cirebon tersebut menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti kegiatan metode problem posing memiliki respon yang sangat baik sesuai dengan indikator yang telah ditentukan.Kata Kunci : Metode Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2013). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Ardiyaningrum, M. (2013) Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Posing. Jurnal Literasi, Volume. IV, No. 1 Juni 2013.

Brown, I.S & Walter, I.M. (2005). The Art of Problem posing. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Inc.

Hamdani, R. (2015). Pengaruh Blended Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Daur Air. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume I Nomor 1, Desember 2015

Jannah, M. (2015). Tugas-Tugas Perkembangan Pada Usia Kanak-Kanak. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies Volume 1 Nomor 2.

Mahmudi, A. (2008). Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Makalah Disampaikan Pada Seminar Nasional Matematika Diselenggarakan oleh Jurusan Matematika FMIPA UNPAD Bekerjasama dengan Departemen Matematika UI.

Nuryani, R. (2003). Common text book strategi belajar mengajar Biologi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Pittalis, M., Cristou, C., Mousoulides, N., & Pitta-Pantazi, D. (2004). “A Structural Model for Problem posing. Proceedings of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, Vol 4 pp 4956.

Polya, G. (1985). How to Solve It, a new aspect of Mathematical Method. Princeton, New Jersey: Princenton.

Samatowa, Usman. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Silver, E., dan Cai, J. 1996. An Analysis of Arithmetic Problem Posing by Middle School Students. Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 27 No.5, November 1996. 521-539.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik konsep landasan teoritis-praktis dan implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Burni Aksara.

Whitin, P. (2004). “Promoting problem posing explorationsâ€. In Teaching Children Mathematics, NCTM.




DOI: 10.24235/ijee.v5i2.11042

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â