UPAYA GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOPAN SANTUN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS 3 DI MI HIDAYATUS SHIBYAN KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON.
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru kelas dalam membentuk
karakter sopan santun berbahasa Indonesia. Masalah yang sering terjadi di MI
Hidayatus Shibyan berupa berbicara yang tidak sopan, kasar, mengeraskan suara, suka
bertengkar, dan suka mengolok-ngolok dengan teman sebayanya di kelas. Maka dalam
penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif pengambilan data
yang diperoleh melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dan
sempel yang digunakan dalam penelitian adalah 28 siswa kelas 3 MI Hidayatus
Shibyan. Upaya yang dilakukan guru kelas seperti: saling menghargai orang yang yang
lebih tua, menegur siswa yang berbicara tidak sopan santun dalam berbahasa Indonesia,
memberikan contoh tindakan sopan santun dalam berbahasa Indonesia dan menerapkan
5S. Hasil penelitian di atas menggunakan uji-t dapat di simpulkan bahwa hasil dari
sopan santun berbahasa di MI Hidayatus Shibyan Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon
baik dengan persentase 81,48% yang berada pada rentang 75-100% sehingga dapat
penulis deskripsikan bahwa sebagian besar peserta didik kelas 3 MI Hidayatus Shibyan
memiliki sopan santun berbahasa Indonesia.
Full Text:
PDFReferences
Adhara Jasid. (2018). Bagaimana Penggunaan Bahasa Yang Santun Dalam Meningkatkan
Keterampilan Berbahasa Siswa. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5.
Aucla. (2019). Upaya Guru Kelas Dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Siswa Kelas Ii Di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi. Αγαη, 8(5), 55.
Dalmeri. (2019). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter. Journal Of Chemical Information And
Modeling, 53(9), 1689–1699.
Djuwita, P. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal Pgsd,
(1), 27–36.
Ernawati, Y. (2019). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Sastra: Problematika Pembinaan
Karakter. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11(01), 49–59.
Fauziah Nasution, A. A. R. (2020). Hubungan Religiusitas Dan Dukungan Sosial Dengan Perilaku
Sopan Santun Siswa Di Smk Negeri 2 Medan. 2859(2), 197–203.
Kurniawati, W., Marmawi, & Desni. (2016). Peranan Guru Dalam Menanamkan Perilaku Sopan
Santun Pada Anak Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10), 1–10.
Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). “Peran Guru, Orang Tua, Metode Dan Media Pembelajaran:
Strategi Kbm Di Masa Pandemi Covid-19†Penerbit 3m Media Karya 2020.
Musa, M. I. (2016). Pengembangan Kompetensi Guru Terhadap Pelaksanaan Tugas Dalam
Mewujudkan Tenaga Guru Yang Profesional. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 8–27.
Pertiwi, H. (2020). Jurnal Inovasi Bk,Volume 2, Nomor 2 Desember 2020. 2, 65–69.
Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 120–143.
Sari, P. S. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Sistem Pendidikan Indonesia. 2(April), 33–35.
Sulistiyowati, E. (2013). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Ole. Jurnal Penelitian
Pendidikan Islam, 8(2), 311–330.
Sumarna, M. P., & Mare, P. P. U. S. (2012). Bicara Santun Dan Keberhasilan Komunikasi. 280–
Suwardani, N. P. (2020). “Quo Vadis†Pendidikan Karakter Dalam Merajut Harapan Bangsa Yang
Bermanfaat. In Unhi Press.
Syaiful Bahri Djamarah 2017. (N.D.). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Eduktif. 19–74.
Ujiningsih. (2010). Pembudayaan Sikap Sopan Santun Di Rumah Dan Di Sekolah Sebagai Upaya
Untuk Meningkatkan Karakter Siswa *. 1–7.
Utami, I., Khansa, A. M., & Devianti, E. (2020). Analisis Pembentukan Karakter Siswa Di Sdn
Tangerang 15. Fondatia, 4(1), 158–179.
DOI: 10.24235/ijee.v5i2.11018
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id