Pengaruh Program Full Day School Terhadap Tingkat Stres Siswa Kelas 5 MI Al-Washliyah Perbutulan Sumber Kabupaten Cirebon

Pitriani - Pitriani(1*), Tati Nurhayati(2), Dwi Anita Alfiani(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program full day school terhadap tingkat stres siswa kelas 5 MI Al-Washliyah Perbutulan Sumber Kabupaten Cirebon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 5 sebanyak 26 siswa dan menggunakan teknik sampel jenuh. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket tertutup program full day school dan tingkat stres. Data analisis melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa skor program full day school 31,3% dan skor tingkat stres 76,1% kemudian hasil dari uji t diketahui bahwa =0,00>0,05 artinya menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil tingkat stres akademik. Hal ini berdasarkan dari nilai r hitung>r tabel (0,408>0,380). Dengan demikian, dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh antara program full day school dengan tingkat stres pada siswa kelas 5. Implikasi dari penelitian ini adalah sebagai bahan evaluasi untuk sekolah.

Keywords


Program Full Day School, Tingkat Stres, Stres Siswa.

Full Text:

PDF

References


Amy, N., Achmad, J., & Eka, S. (2017). Deskripsi Gejala Stres Akademik Dan Kecenderungan Pilihan Strategi Koping Siswa Berbakat. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(2), 197–208.

Aryani Safithry, E., & Sari Dewi, I. (2020). Terapi Menulis Ekspresif Untuk Menurunkan Tingkat Stres Akademik Peserta Didik Di Sekolah Full Day School. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 40–47. https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1313

Asmani.J.M. (2017). Full Day School Konsep Manajemen & Quality Control. Yogyakarta : Ar-ruzz media.

Baharun, H & Alawiyah, S. (2018). Pendidikan Full Day School dalam Perpektif Epistemologi. POTENSIA :Jurnal Pendidikan Islam, 4 (1).

Barseli, Mufadhal, I. I. & N. N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143. https://doi.org/10.29210/119800

Darlis, A. (2017). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Antara Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal Dan Formal. Jurnal Tarbiyah, XXIV(1), 84–103.

Diono Kusum, anggi. D. N. R. R. S. D. (2018). Full Day Dan Yang Tidak Full Day Di MAN Tanah Bumbu Dan MAN 3 Banjarmasin The Difference In Academic Stress Between Students Attending Full Day School And Students Not Attending Full Day School At MAN Tanah Bumbu And MAN 3 Banjarmasin Abstrak. Jurnal Kognosia, 1 1, 55–62.

Hesti Mahmudah, D. R. (2019). Hubungan Antara Kelekatan Anak-Orang Tua Dengan Stres Akademik Pada Siswa Sd N Srondol Wetan 02 Semarang Dengan Sistem Pembelajaran Full Day School. Empati, 7(4), 33–42.

Istiqomah, N., Psikologi, F., Malang, U. M., Rahmawati, A., Psikologi, F., & Malang, U. M. (2020). School Well Being Siswa Full Day School dan Siswa Regular School. Psikologi Tabularas, 15(1), 19–28.

Kurnia Rahmawati, Weni. (2016). Keefektifan Peer Support untuk Meningkatkan Self Discipline Siswa SMP. Jurnal Konseling Indonesia, 2(1), 15–21.

Nor Hasan. (2006). Full Day School (Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Asing). Tadris (Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 110–111.

Soeli, Y. M., Yusuf, M. N. S., & Lakoro, D. D. K. (2021). Tingkat Stres Siswa Pada Sekolah yang Menerapkan Sistem Full Day School. Jambura Nursing Journal, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.37311/jnj.v3i1.9822

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Wulandari E., Taufik, M., & Kuncahyono, K. (2018). Analisis Implementasi Full Day School Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD). http://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5904

Yusuf, S. dan M. N. S. (2011). Perkembangan peserta didik. Bandung : PT. Rajagrafindo Persada.




DOI: 10.24235/ijee.v5i2.11014

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â